Tidak Hanya Sebagai Bumbu Masakan, Berikut Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Kita

8

Serang, Satubanten – Mendengar nama Kunyit pasti sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia terutama ibu – ibu yang bisa menyediakan pelengkap bumbu masakan ini di dapur.

Ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk bubmbu penyedap masakan tetapi kunyit juga memiliki manfaat yang lain terlebih untuk kesehatan. Mengonsumsi air rebusan kunyit atau menjadikan kunyit sebagai campuran teh, juga menjadi cara terbaik untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

Nah berikut adalah beberapa kandungan Nutrisi di Dalam Kunyit untuk satu sendok teh kunyit bubuk, yaitu: Kalori: 29. Protein: 0,91 gram. Lemak: 0,31 gram. Karbohidrat: 6,31 gram. Serat: 2,1 gram. Selain itu, rempah ini juga mengandung nutrisi lain, seperti mangan, zat besi, potasium, dan vitamin C.

Nah berikut adalah manfaat kunyit bagi tubuh kita :

1. Membantu mengurangi gejala arthritis
Sebagai rempah dengan kandungan antiinflamasi, rempah ini bisa membantu meredakan gejala arthritis. Itulah sebabnya, para lansia bisa mengonsumsi air kunyit untuk meredakan gejala radang sendi.

Melansir dari jurnal Nutrition Today, terdapat sebuah penelitian bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit juga bisa membantu mengatasi penyakit ini. Namun, pengobatan herbal ini tidak dapat digunakan sebagai pengobatan utama.

2. Membantu meningkatkan sistem imun
Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

3. Mengurangi risiko komplikasi akibat masalah kardiovaskular
Rempah ini memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung. Mengonsumsi sebanyak 4 gram kunyit setiap hari selama sekitar tiga hari sebelum, dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass arteri koroner, bisa mengurangi risiko serangan jantung atau infark miokard akut hingga sebesar 17 persen.

4. Bersifat antikanker
Salah satu sifat terapeutik dari rempah ini adalah manfaatnya sebagai zat antikanker. Kandungan antiradang dan antioksidan, membuatnya memiliki manfaat untuk menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker.

Tak hanya itu, melansir dari jurnal Food Bioscience, rempah ini juga bisa mematikan pertumbuhan sel kanker, menurunkan risiko munculnya sel kanker yang baru, hingga mencegah penyebaran sel kanker.

5. Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar
Tanaman herbal ini sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional. Salah satunya untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan. Nah, contohnya rempah ini dapat membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar atau IBS.

6. Baik untuk pengidap Alzheimer
Manfaat lainnya yaitu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiradang dan antioksidannya dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer.

Selain itu, mengonsumsi kunyit juga membantu memperlambat bahkan mencegah terjadinya perubahan protein yang berhubungan dengan masalah neurodegeneratif.

7. Melindungi organ hati
Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat dari tanaman herbal ini pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan.

Rempah ini juga mampu membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

Menurut studi di BMC Complementary and Alternative Medicine dengan judul Turmeric extract and its active compound, curcumin, protect against chronic CCl4-induced liver damage by enhancing antioxidation, efek antioksidan dari rempah ini juga mampu menghentikan berbagai kerusakan akibat paparan racun.

Bagi seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengatasi penyakit, tidak ada salahnya mengonsumsinya untuk memberikan perlindungan pada hati.

8. Mengelola dan mencegah diabetes
Tanaman herbal ini salah satu bahan alami untuk membantu mengelola dan mencegah terjadinya penyakit gula darah. Suplementasi yang mengandung kunyit diyakini memiliki kandungan antidiabetes.

9. Merawat dan menjaga kesehatan paru
Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang.

Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, cedera pada paru, penyakit paru obstruksi kronik, dan fibrosis paru.

10. Menjaga keseimbangan hormon pada wanita
Air rebusan kunyit juga memiliki manfaat dalam hal menjaga keseimbangan hormon wanita. Gejala pramenstruasi dapat memicu ketidakseimbangan siklus menstruasi.

Penumpukan hormon estrogen dapat menyebabkan wanita mengalami siklus yang tidak teratur, siklus panjang, menstruasi yang berat, penambahan berat badan atau jerawat.

Kunyit dapat digunakan untuk menyeimbangkan kerja hormon, meningkatkan sirkulasi darah yang sehat, serta manfaat lain untuk kesehatan sistem reproduksi wanita.

11. Meningkatkan kesehatan kulit
Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, kunyit juga telah terbukti menjadi pengobatan topikal yang efektif untuk berbagai kondisi kulit. Contohnya mengatasi jerawat, eksim, photoaging (penuaan dini akibat paparan sinar matahari), dan psoriasis.

12. Menurunkan risiko depresi
Kunyit juga bisa memperbaiki mood dan menurunkan risiko depresi. Ini dikarenakan sifat antiinflamasi pada kunyit yang mampu memberikan efek antidepresan.

Bahan aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat mengurangi peradangan. Biasanya peradangan juga bisa berakibat pada kesehatan mental.

13. Meningkatkan kemampuan mengingat
Kandungan antioksidan dalam tanaman herbal ini mampu menjaga kesehatan otak. Mengonsumsi kunyit secara rutin bisa menurunkan peradangan pada otak. Dengan begitu, kesehatan otak menjadi lebih optimal yang membuat kemampuan mengingat dan fokus lebih baik.

14. Mencegah paparan radikal bebas
Radikal bebas bisa memicu kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Jika terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami peradangan.

Kondisi ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit kronis pada kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk menambahkan kunyit pada makanan maupun minumanmu.

15. Menjaga kesehatan rambut
Kamu juga bisa menggunakan tanaman herbal ini untuk mengoptimalkan kesehatan rambut. Caranya, kamu bisa campurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun sebagai masker rambut. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih halus dan mencegah kerontokan.

Comments are closed.