Robot Dreame Technology Curi Perhatian Pengunjung di World Robot Conference 2023

6

BEIJING, Satubanten – Pada 22 Agustus lalu, World Robot Conference (WRC) 2023, digelar di Beijing dengan tema “Spurring Innovation for the Future”, mencapai sukses besar. World Robotics Expo 2023 dan World Robot Contest 2023 turut berlangsung pada saat yang bersamaan. Ajang tersebut menghadirkan sekitar 160 perusahaan robotik dan lembaga riset ilmiah dari seluruh penjuru dunia. Di sisi lain, ajang tersebut juga memamerkan hampir 600 teknologi dan produk canggih, serta mengundang lebih dari 320 perwakilan organisasi internasional, akademisi, pakar ternama, dan pebisnis di dalam serta luar negeri.

Sebagai perusahaan robotik umum, Dreame Technology pertama kalinya tampil di World Robot Conference. Dreame Technology melansir berbagai jenis robot, termasuk robot humanoid (humanoid robot) untuk aplikasi umum, robot bionik berkaki empat (bionic quadruped robot) untuk konsumen, robot berkaki empat untuk industri, Pembersih Kolam Robotik (Robotic Pool Cleaner) nirkabel, robot pengantar makanan komersial, serta robot pembersih lantai. Lini produk tersebut mencerminkan daya saing luas Dreame dalam litbang ekosistem dan teknologi robotik, rantai pasok, produksi dan manufaktur, pengembangan SDM, serta komersialisasi.

Robot Humanoid Dreame Membuat Latte Art

Universal Humanoid Robot dari Dreame menjadi kejutan bagi banyak pihak di konferensi ini setelah sukses membuat latte art—robot humanoid pertama di dunia yang mampu melakukan pekerjaan tersebut. Chao YU, Director, Humanoid Robotics, Dreame Technology, berkata, “Universal Humanoid Robot Dreame memanfaatkan model deep machine learning, serta terlatih agar mampu mengidentifikasi cangkir dan alat yang berbeda-beda di beragam lingkungan. Maka, Universal Humanoid Robot berhasil membuat latte art. Konferensi ini menjadi kesempatan penting bagi Universal Humanoid Robot untuk beraksi di luar laboratorium, serta menunjukkan keahliannya di dunia nyata.”

Setelah diluncurkan pada Maret tahun ini, Universal Humanoid Robot buatan Dreame kini melangkah ke luar laboratorium, berjalan-jalan di dalam dan luar ruang sambil melambaikan tangan. Universal Humanoid Robot juga cukup tangguh dan mampu berjalan stabil setelah mendapat pukulan keras. Tampilan Universal Humanoid Robot dari Dreame ini sangat bionik, memiliki tinggi 178 cm dan berbobot 56 kg, serta sudut pergerakannya mencapai 44 derajat. Setiap kakinya memiliki sudut pergerakan hingga 6 derajat sehingga dapat berdiri dengan satu kaki.

Dreame Dog

Paviliun pameran Dreame juga sangat populer di konferensi ini, menghadirkan Dreame Dog—robot bionik berkaki empat untuk konsumen—yang berpose di depan kamera. Dreame Dog hadir sebagai robot bionik berkaki empat pertama di industri yang mampu menyelaraskan gerak kepala-tubuh, serta memiliki sudut pergerakan terbaik di industri dengan 15 derajat. Selain kuat dan gesit, Dreame Dog juga menampilkan ekspresi, memanfaatkan kepalanya untuk memberikan respons emosional kepada pengguna.

“Dreame Dog memiliki sistem persepsi lima dimensi sehingga kami dapat mengembangkan sistem emosi yang menampilkan reaksi emosional yang berbeda-beda ketika berinteraksi dengan pengguna.” Di konferensi ini, staf Dreame menjelaskan, “Dreame Dog mendukung open-source dan open SDK. Dengan demikian, Dreame Dog dapat dikembangkan pada tahap sekunder, serta digunakan dalam riset ilmiah, pengajaran, dan bidang-bidang lain.”

Robot Komersial Dreame

Selain robot untuk konsumen, Dreame juga memamerkan robot komersial dan robot berkaki empat berfitur tangguh untuk industri. Di konferensi ini, robot pengantar makanan bertaraf premium D1 buatan Dreame menunjukkan kemampuannya yang mampu beroperasi di seluruh skenario komersial. D1 dapat berganti-ganti fungsi, seperti menunjukkan kursi bagi tamu, mengantar makanan, mengembalikan makanan dan berkeliling. Robot pengantar makanan pintar Dreame D1 memakai teknologi navigasi dan posisi yang dirancang sendiri oleh Dreame. Dengan teknologi ini, Dreame secara cepat dan pintar membuat peta restoran dan rute pergerakan. Maka, D1 menjadi solusi terpadu bagi restoran, termasuk mampu mengantar tamu menuju kursi. Lebih lagi, robot patroli berkaki empat untuk industri turut memperagakan kemampuannya untuk mengangkut manusia dan barang, serta melewati rintangan. Robot patroli ini memiliki fitur dynamic obstacle avoidance terbaik sehingga menjadi robot terbaik untuk misi keamanan, patroli, penyelamatan, pencarian, dan pemetaan. Dengan demikian, robot patroli ini berguna di berbagai sektor dan industri, termasuk pemadam kebakaran, kelistrikan, dan pertambangan.

Dengan memamerkan berbagai jenis model robot di World Artificial Intelligence Conference, Dreame tampil sebagai perusahaan yang sangat kompetitif dalam litbang robotik, rantai pasok, produksi dan manufaktur, pengembangan SDM, serta komersialisasi.

Kini, Dreame mengandalkan keahlian sistematisasi robotik di berbagai aplikasi praktis, menghubungkan industri pada level yang semakin luas, dan meningkatkan kegunaan robot di beragam sektor. Namun, Dreame tidak hanya berkembang sebagai perusahaan peralatan robotik. Dengan “Robot+” sebagai prinsip panduan, Dreame memanfaatkan teknologi dan kapabilitas robotik guna merespons tantangan industri, meningkatkan efisiensi industri, dan secara drastis mengoptimalkan nilai tambah robot.

“Dekade mendatang akan menjadi dasawarsa terbaik bagi robotik umum,” ujar Hao YU, Pendiri Dreame Technology. “Dengan membangun kapabilitas yang kuat dan luas di bidang robotik, Dreame terus mengembangkan sistematisasi robotik umum—melansir robotik di seluruh industri dan sektor, menciptakan aplikasi praktis di sektor bisnis, pertanian, kedokteran dan transportasi, serta secara bertahap mengintegrasikan ekosistem robotik umum agar robot mampu melayani keluarga dan masyarakat.”

Comments are closed.