Lupa Kata Sandi, Berikut Cara Masuk Akun Google Tanpa Password

23

Serang, Satubanten – Demi meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengguna, Google mendorong para penggunanya menggunakan opsi selain password untuk masuk ke akun produknya.

Google menyebutnya dengan sebutan passkeys, Google mengklaim bahwa cara ini disebut lebih sederhana dan aman dibandingkan dengan password pada umumnya.

Dengan menggunakan passkeys pengguna tidak perlu lagi menghafal atau mengingat password namun bisa dilakukan menggunakan sidik jari, wajah maupun PIN, sudah bisa membuka kunci pada akun Google.

“Passkeys merupakan alternatif yang sederhana dan aman daripada passwords. Dengan passkeys, Anda bisa sign-in ke akun Google dengan memindai sidik jari (fingerprint), wajah, atau kunci layar perangkat, seperti PIN,” tulis Google

Namun pihak Google menerangkan bahwa sistem passkey saat ini hanya bisa digunakan pada perangkat yang terdaftar oleh Google. Jadi ini bergantung pada sistem operasi di setiap tiap perangkat.

Google menuliskan passkeys dapat digunakan setidaknya pada Windows 10, macOS Ventura, atau ChromeOS 109. Pada perangkat mobile, digunakan pada perangkat yang telah menggunakan iOS 16 dan Android 9 atau versi yang lebih baru.

Selain itu, komputer atau perangkat mobile juga harus didukung browser mulai dari Chrome 109 atau lebih tinggi, Safari 16 atau lebih tinggi, Edge 109 atau lebih tinggi.

Jadi periksa lebih dulu sistem operasi dan aplikasi browser yang digunakan. Jika belum memenuhi syarat tersebut, segera update atau perbarui OS dan aplikasi yang Anda gunakan.

Google menuliskan dua hal yang diperlukan perangkat untuk membuat dan menggunakan passkeys, yaitu Screen lock (layar kunci) dan Bluetooth.

Cara Gunakan Passkey untuk Akun Google:

Kunjungi alamat g.co/passkeys atau langsung klik link ini

Jika Akun telah memiliki passkey, akan terlihat daftarnya dalam laman tersebut

Ada pilihan “Automatically created passkeys” untuk membuat passkey secara otomatis untuk semua perangkat yang telah login sebelumnya, jika belum, Anda bisa menekan tombol Create a Passkey > Continue. Ikuti instruksi berikutnya.

Saat membuat passkey, mungkin akan diminta untuk membuka kunci perangkat. Apabila ingin membuat passkeys untuk perangkat tambahan, kembali ke laman g.co/passkeys kemudian pilih “+ Create Passkeys”

Demikian adalah cara membuat passkey untuk login ke akun Google atau Gmail tanpa harus memasukkan password. Silakan mencoba.

Comments are closed.