Huawei Pamerkan Solusi “Future Railway Smart” di Asia Pacific Rail 2023

9

Sebagai penyedia solusi TIK terkemuka di dunia, Huawei memamerkan Solusi Future Railway Smart yang mutakhir di Asia Pacific Rail 2023, ajang yang paling berpengaruh di sektor kereta api Asia Pasifik. Sebagai Diamond Sponsor, Huawei membuktikan komitmennya dalam menyediakan sistem kereta api yang berteknologi pintar, efisien, dan berkelanjutan di wilayah ini.

Asia Pasifik, dihuni 4,2 miliar orang (61% penduduk dunia), mengalami ekspansi dan urbanisasi pesat sehingga layanan transportasi yang lebih baik semakin dibutuhkan. Pada 2030, anggaran TI global di sektor kereta api diperkirakan mencapai $57,9 juta. Maka, investasi pengembangan kereta api berjalan kian agresif di Asia Pasifik. Beberapa negara di wilayah ini juga mengandalkan solusi TIK baru agar kereta api menjadi lebih aman, ramah lingkungan, serta efisien.

“Berpengalaman 20 tahun di industri kereta api, khususnya akhir-akhir ini berfokus pada transformasi digital, Huawei memiliki misi yang jelas di industri tersebut, yakni mengubah koneksi, membangun ulang platform, serta mewujudkan teknologi pintar,” ujar Xiang Xi, Vice President, Huawei Global Transportation BU, dalam paparannya.

Industri kereta api tengah mengalami transformasi digital yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Maka, Huawei berkomitmen meningkatkan aspek keselamatan dan efisiensi dalam kegiatan operasional kereta api sekaligus kegiatan pemeliharaan kereta api dengan solusi TIK terkini. Mengandalkan teknologi digital mutakhir, termasuk Data Capture and Analysis, Autonomous Systems, Kecerdasan Buatan (AI), Machine Learning, FRMCS, MSN, Station Network, Penyimpanan Data (Storage), dan IoT, Huawei mengubah cara sistem transportasi dikelola, digunakan, serta dirumuskan kembali. Kemajuan teknologi menjadi fokus utama di balik integrasi berbagai jenis moda transportasi, serta integrasi dengan aspek lain di tengah masyarakat.

“Smart station merupakan solusi inovatif yang meningkatkan pengalaman penumpang dan efisiensi kegiatan operasional. Solusi ini menyatukan seluruh data dan informasi dari setiap aplikasi di stasiun kereta. Infrastruktur TIK baru kini menjadi pondasi smart station. Kita harus mengganti infrastruktur TIK yang beroperasi secara terpisah, seperti server, penyimpanan data, serta jaringan, bahkan data dan lain sebagainya dengan platform digital yang didukung cloud,” jelas Steven Xiong, CTO, Rail Industry, Huawei Enterprise BG.

Dengan fokus untuk menghadapi tantangan dan peluang utama pada jalur kereta utama dan kereta perkotaan, Huawei memakai TIK terkini agar berbagai kota di Asia Pasifik dapat memperbarui infrastrukturnya. Dengan demikian, momentum baru tersedia untuk pembangunan kota dan digital di Asia Pasifik.

“Kini, sebagian besar kereta api masih menggunakan jaringan nirkabel dengan bandwidth kecil untuk memberangkatkan kereta dan mengirim sinyal, seperti GSM-R atau Tetra Radio. Teknologi seperti ini sudah ketinggalan zaman, bahkan tidak mampu mendukung kebutuhan smart rail. FRMCS kini hadir sebagai jaringan komunikasi nirkabel baru untuk industri kereta api. Lebih lagi, FRMCS menyediakan konektivitas train to ground yang reliabel dan memiliki bandwidth besar,” kata Jackie Miao, Director, Huawei Asia Pacific Enterprise Transportation Account Department.

Huawei membagikan beberapa studi kasus tentang praktik terbaik dan solusi mutakhir di acara tersebut, seperti communication backbone IP dan Optik, yang menjadi tulang punggung sistem kereta api masa depan; Future Railway Mobile Communication System (FRMCS) dan Wi-Fi 6, solusi yang menghadirkan koneksi wireless broadband antara kereta dan wilayah darat; Intelligent IT, solusi yang mewujudkan kolaborasi baru dan penyimpanan data mutakhir dengan teknologi terkini Huawei untuk melawan ransomware; serta, Solusi Smart Station yang mengoptimalkan O&M serta pengalaman penumpang kereta.

“Jaringan kereta modern membutuhkan keamanan optimal, bandwidth besar, serta otomatisasi pintar. Teknologi optik yang inovatif dari Huawei memfasilitasi pemutakhiran yang lancar dan mudah,” ujar Pan Chock Teck, Senior Manager, Huawei Asia Pacific Enterprise Transportation Railway Solution.

Tahun ini, Huawei menggelar sejumlah konferensi tingkat tinggi yang diikuti pemuka opini, pemangku kepentingan, pelanggan utama, serta lembaga berpengaruh di Asia pasifik. Acara ini mengeksplorasi kemajuan teknologi di industri kereta api Asia Pasifik.

Huawei juga membentuk Aviation & Rail BU yang terus menjajaki digitalisasi industri dan inovasi teknologi dengan berfokus pada skenario industri. Huawei kini melayani lebih dari 130 bandara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia, serta lebih dari 300 jalur kereta api perkotaan di lebih dari 70 kota, serta lebih dari 150.000 km jalur kereta api.

Comments are closed.