Weichai Pamerkan Solusi Mesin Kapal Lepas Pantai yang Canggih di APM 2024

11

Asia Pacific Maritime 2024 (APM 2024), ajang unggul di sektor maritim, berlangsung di Marina Bay Sands pada 13-15 Maret. Ajang ini adalah pameran industri maritim yang paling berpengaruh di Asia Pasifik, diikuti lebih dari 1.500 ekshibitor dari 60 negara. Weichai juga berpartisipasi di ajang ini, serta menantang produsen mesin kapal yang telah mapan dengan menghadirkan inovasi terkini dalam sistem propulsi kapal dan pencapaian teknologi. Presentasi Weichai bahkan menarik perhatian audiens internasional, khususnya pemangku kepentingan di Asia Pasifik.

Weichai Menghadirkan Mesin Kapal yang Revolusioner, WH17, Menggerakkan Sistem Maritim di Asia Pasifik

Di pagi hari pada 13 Maret, Weichai tampil di sesi “Asia-Pacific Marine Engine New Products Conference” dengan melansir WH17 generasi baru, mesin kapal premium terbaru yang merombak standar sistem propulsi kapal. Tan Xuguang, Chairman, Weichai Group, memamerkan mesin ini, serta mempresentasikan fitur-fitur inovatif dan potensinya untuk mentransformasi industri maritim. Sesi ini, dihadiri perwakilan agen penyalur mesin kapal dan klien penting, menjadi momen penting di tengah komunitas industri maritim Asia Pasifik.

Membuktikan kiprah Weichai selama setengah abad di sektor maritim Asia Pasifik, Tan, Group Chairman, meluncurkan WH17 sebagai lambang dari komitmen Weichai pada kualitas, layanan, dan keunggulan. Inovasi Weichai dalam mesin kapal berkecepatan menengah, WH17, terwujud berkat penelitian dan pengembangan selama tujuh tahun. Produk terbaru ini juga telah dites hingga lebih dari 10.000 jam pada alat uji (bench), serta lebih dari satu juta jam di laut. Pengujian tersebut menjamin kesiapan produk dalam memenuhi kebutuhan industri maritim modern.

Seri mesin kapal WH17 menawarkan lini produk unggulan, mulai dari model mesin enam silinder dengan daya 1.000 tenaga kuda hingga varian 16 silinder yang menghasilkan 3.200 tenaga kuda. Dengan demikian, Weichai kini tercantum dalam jajaran merek mesin kapal terbaik di dunia. Di sesi tersebut, Weichai memaparkan empat tekadnya kepada klien global:

• Menawarkan opsi mesin kapal dengan lini produk terlengkap.

• Menyediakan kinerja terbaik dalam berbagai aplikasi dan solusi unggulan.

• Menjadi pemimpin industri yang menghadirkan mesin kapal yang reliabel, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

• Menjamin profesionalisme, efisiensi, dan kecepatan yang luar biasa dalam layanan mesin kapal.

Mesin kapal premium Weichai WH17 memiliki sederet fitur teknis yang canggih, mulai dari bodi mesin dan cylinder head dengan baja berkekuatan tinggi, crankshaft dengan bahan alloy steel berstandar terbaik dan reliabel, serta sistem common rail WCU yang mampu menghasilkan tekanan fuel injection hingga 2.200 bar. Sejumlah komponen penting juga berasal dari pihak pemasok yang terkemuka di dunia guna menjamin kinerja dan kualitas terbaik. Teknologi ECU yang dikembangkan khusus untuk mesin ini menghasilkan kendali operasional yang akurat. Maka, efisiensi bahan bakar semakin meningkat, sedangkan, dampak lingkungan hidup menjadi lebih minim.

Peluncuran WH17 turut memperkuat pengaruh Weichai di sektor mesin kapal yang kompetitif di Asia Pasifik. Mesin ini didesain agar mampu memenuhi beragam kebutuhan kapal, mulai dari kapal yang menempuh wilayah pedalaman dan kapal lepas pantai hingga kapal teknik dan kapal penumpang, serta kapal nelayan dan kapal lain yang didesain secara khusus. Dengan WH17, jangkauan pasar dan status Weichai sebagai pemimpin di sektor maritim Asia Pasifik pun semakin kuat.

Portofolio produk mesin kapal yang lengkap, dirancang untuk kebutuhan yang beraneka ragam dan kebutuhan khusus setiap klien global

Teknologi canggih dan teknologi pintar menjadi tren-tren utama yang menentukan arah perkembangan industri galangan kapal dan perkapalan. Sebagai satu-satunya produsen global yang menawarkan solusi mesin kapal terlengkap, mulai dari mesin berkecepatan menengah hingga tinggi, Weichai menampilkan daya saing lewat peluncuran mesin kapal inovatif WH17. Lebih lagi, ajang pameran ini juga menghadirkan produk silent generator WP2.5N, solusi serbaguna untuk berbagai aplikasi di industri maritim, mulai dari kapal angkutan dan kapal nelayan hingga kapal teknik dan anjungan lepas pantai.

Sederet teknologi canggih, termasuk sistem electronically controlled high-pressure common rail, double supercharging, dan silent set membuktikan komitmen Weichai dalam mewujudkan solusi perkapalan yang ramah lingkungan, serta transformasi dan modernisasi sektor perkapalan.

Weichai telah menyesuaikan portofolio produk di sektor maritim agar sesuai dengan kebutuhan di setiap pasar lokal. Produk-produk unik ini pun menarik banyak minat lembaga perancang kapal, galangan kapal, dan pemilik kapal. Bahkan, Weichai terlibat dalam berbagai negosiasi di lokasi pameran untuk beberapa proyek.

Unsur utama di balik kesuksesan Weichai adalah infrastruktur penelitian dan pengembangan (R&D) mutakhir. Keunggulan ini juga mendukung status Weichai sebagai pemimpin teknologi mesin kapal di pasar global. Sistem R&D tersebut meliputi seluruh kapabilitas mesin kapal, mulai dari mesin berdaya 34 hp hingga 13.600 hp, serta kompatibel dengan berbagai jenis bahan bakar, termasuk light diesel, heavy oil, biodiesel, dan gas alam. Dengan portofolio produk yang lengkap, Weichai menawarkan solusi energi berdasarkan kebutuhan spesifik klien. Seluruh produk Weichai telah menjalani tes pada alat uji (bench testing) dan validasi pasar secara ketat. Dalam tes ini, produk-produk Weichai mencapai waktu operasional hingga 32.000 jam tanpa pembongkaran mesin (overhaul), bahkan efisiensi bahan bakar sukses melampaui pesaing internasional hingga 5%. Di sisi lain, produk-produk Weichai pun memenuhi standar emisi global.

Dengan big data, Weichai membagi pasar mesin kapal menjadi lebih dari 60 kategori, mencerminkan daya mesin kapal dengan karakteristik unik. Segmentasi ini juga mendukung Weichai untuk menciptakan produk dan solusi sistem bertaraf premium berdasarkan pesanan klien pada seluruh jenis kapal. Weichai pun mendesain produk dan solusi ini secara cermat agar memenuhi berbagai jenis kapal, kondisi laut, dan lingkungan operasional.

Memperluas jangkauan di pasar Asia Tenggara lewat Belt and Road Initiative

Industri mesin kapal di Asia Tenggara berperan penting dalam internasionalisasi Weichai sehingga wilayah ini menjadi basis perusahaan ini. Mesin kapal berkecepatan menengah Weichai juga tercantum dalam jajaran tiga besar dunia berdasarkan volume penjualan, bahkan menguasai pangsa pasar terbesar di Asia Pasifik. Kinerja luar biasa Weichai didukung kualitas produk dan layanan purnajual unggulan yang telah banyak diakui klien.

Weichai telah mengintegrasikan sistem diagnostik pemeliharaan mesin secara preventif pada produk-produk mesin kapal. Sistem ini secara proaktif memberikan notifikasi tentang jadwal servis. Jaringan global Weichai mencakup lebih dari 1.100 sentra servis dan perawatan mesin, serta gudang suku cadang yang tersebar di pasar-pasar utama di Asia Tenggara, termasuk Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Infrastruktur tersebut menjamin respons yang cepat, bahkan layanan tersedia dalam dua jam, dan suku cadang dapat terkirim dalam 24 jam.

Ke depan, strategi Weichai memprioritaskan pasar lokal dengan meningkatkan layanan bagi pihak penyalur produk, penyedia layanan, dan mitra regional. Dengan mengandalkan daya saing produk yang ditargetkan untuk pasar Asia Tenggara, Weichai ingin membangun jaringan penjualan dan pusat servis yang mutakhir, inventori suku cadang modern, serta fasilitas pelatihan. Jaringan ini kelak memperkuat dedikasi Weichai pada keunggulan layanan dan kepuasan pelanggan.

Di sisi lain, Weichai siap meningkatkan investasi di sektor maritim dan proyek galangan kapal, tak hanya di Singapura, namun juga seluruh Asia Tenggara. Inisiatif strategis ini menjadi bagian dari upaya Weichai untuk mempercepat pertumbuhan di wilayah tersebut sekaligus berkontribusi besar dalam keberhasilan Belt and Road Initiative.

Comments are closed.