Warga Tiga Kecamatan di Kabupaten Serang Meradang Akibat Kemarau Panjang

58

Serang, SatuBanten –Warga di tiga kecamatan di wilayah utara Kabupaten Serang, saat ini meradang karena kemarau Panjang. Hal ini terjadi karena di ketiga wilayah ini tidak turun hujan hingga 100 hari.

“Tiga wilayah itu yakni Pontang, Tirtayasa dan Tanara,” kata Mukhibah, salah tokoh perempuan yang tinggal di Tirtayasa, Rabu (11/10/2023).

Mukhibah mendata tiga wilayah banyaknya Kawasan yang kesulian air bersih. Oleh karena itu, dirinya Bersama teman-teman lainnya menmencoba menggalang bantuan untuk mendatangkan air bersih bagi warga sekitar.

“Alhamdulillah, teman-teman dari Serang dan Jakarta ada yang mengirim bantuan air bersih bagi warga di Tanara, Tirtayasa dan Pontang,” ungkap Mukhibah.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Nino yang memicu kekeringan terus bertahan pada level moderat hingga periode Desember 2023, Januari dan Februari 2024. Apabila mencapai angka lebih dari 1 merupakan intensitas moderat dan akan semakin kering.

Kondisi El Nino diperkirakan mencapai 1,61 pada periode September, Oktober dan November (SON) 2023, kemudian meningkat menjadi 1,64 pada Oktober November, Desember (OND) 2023, dan berangsur menurun meski masih berada pada rentang angka 1, yakni mulai November, Desember, Januari (NDJ) mencapai 1,54. Selanjutnya, pada Desember, Januari, Februari (DJF) mencapai 1,24, Januari, Februari, Maret (JFM) 2024 mencapai 0,94 dan Februari, Maret, April (FMA) 2024 mencapai 0,77. (MAK)

Comments are closed.