Warga Terdampak Bencana Angin Puting Beliung di Pandeglang Dapat Bantuan Bahan Bangunan Rumah

33

Pandeglang, Satubanten – Warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Cadasari dan Karang tanjung mendapatkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Penyerahan bantuan bangunan rumah bagi warga yang terdampak bencana angin puting beliung secara simbolis diberikan langsung oleh Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta didampingi Perwakilan dari Kementerian Sosial RI di Aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Rabu (13/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Pemulihan dan Penguatan Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial Dika Yudistira mengatakan bantuan Bahan Bangunan Rumah ini bisa diberikan kepada warga yang terdampak bencana dengan kriteria rumahnya masih mengalami kerusakan,”katanya.

“Ada sekitar 136 usulan dari Pemkab Pandeglang yang terdampak bencana angin puting beliung, akan tetapi setelah diverifikasi dilapangan hanya tujuh yang layak verifikasi, karena rumah warga yang terdampak bencana lainya sudah dalam kondisi normal, tidak dalam kondisi rusak, “ucapnya.

Ia menerangkan bantuan bahan bangunan rumah yang disalurkan bagi warga Pandelang yang terdampak bencana angin puting beliung jumlahnya variatif, tergantung kerusakan, ada yang menerima 18 juta sampai 25 juta,”terangnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Sutoto mengatakan bantuan bahan bangunan rumah bagi warga yang terdampak bencana angin puting beliung dari Kemensos RI meliputi dua wilayah, Kecamatan Cadasari dan Karang tanjung, adapun warga yang menerima bantuan ini sebanyak tujuh KPM, “ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemensos RI, tentu saja bantuan bahan bangunan rumah ini sangat dibutuhkan oleh warga yang terdampak bencana.

Ia berpesan kepada warga yang menerima bantuan agar bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai bansos ini jadi persoalan dan hilang kepercayaan.

Comments are closed.