Warga Carita Temukan Puluhan Anak Penyu di Pantai

96

Pandeglang, Satubanten – Warga temukan anak penyu sebanyak 72 ekor di pantai Lippo Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Tim Konservasi bersama warga bergotong royong menangkap dan mengamankan puluhan penyu tersebut agar tidak dimangsa predator seperti biawak .

Kepala Desa Sukajadi, Sandi mengatakan, bahwa puluhan Tukik atau anak-anak penyu tersebut ditemukan pertama kali oleh satpam yang berjaga hotel Lippo Carita di pantai tepat belakang Hotel Lippo.

“Ditemukan oleh satpam kemudian warga pun bersama-sama mengevakuasi anak-anak penyu itu supaya tidak mati,” kata Kades Sandi, Rabu (5/7/2023).

Ia juga menyampaikan pihaknya langsung berkomunikasi dengan tim konservasi setempat, agar Tukik bisa diselamatkan dan dilepaskan kembali ke laut.

“Iya satu sampai dua bulan dipelihara dulu untuk pemulihan. Karena kan kalau langsung dilepaskan lagi kemungkinan besarnya akan mati,” ungkapnya.

Ia mengaku, jumlah anak penyu yang berhasil dievakuasi sebanyak 72 ekor. Namun informasinya, ada juga yang dilepasliarkan langsung oleh pengunjung wisata.

“Hanya sekitar 72 ekor saja yang bisa di evakuasi. Karena ada juga yang dilepaskan langsung oleh wisatawan,” ujarnya.

Comments are closed.