Wabup Lebak Hadiri Sosialisasi Pencegahan Stunting Dan Gerakan Makan Telur Bersama Di Kecamatan Cimarga

221

Satubanten.com- Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi selaku selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Lebak menghadiri sosialisasi pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting bertempat di Kantor Kecamatan Cimarga.

Acara dihadiri unsur Forkopimcam Kec. Cimarga, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Dr. Dadi Ahmad Roswand, Ketua TP PKK Lebak, Ani Sumardi, Pengurus TP PKK Kec. Cimarga serta Unsur Kesehatan Kec. Cimarga.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dilangsungkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa telur ayam Kepada Anak dan Ibu Hamil yang mengalami Kurang Energi Kronik (KEK) sebagai upaya pencegahan dan penurunan angka stunting yang secara simbolis dilakukan dengan gerakan makan telur bersama oleh Wabup Lebak dan peserta sosialisasi yang hadir.

Dalam sambutannya, Wabup Lebak mengingatkan masyarakat yang hadir (anak terindikasi stunting dan ibu hamil) pentingnya untuk mengenali perihal stunting yang berdampak pada kualitas pertumbuhan pada anak.

Wabup juga memberikan arahan kepada seluruh kepala desa Kec. Cimarga yang hadir, untuk meningkatkan perhatiannya kepada masyarakat yang terindikasi stunting dan ibu hamil agar dapat memperhatikan kebutuhan asupan gizinya sehingga dapat mencegah potensi anak mengalami stunting.

” Banyak dari orang tua yang anaknya dilakukan pemeriksaan hasilnya terindikasi stunting, dan marah, yang akhirnya tidak dilakukan penanganan sehingga yang tadinya terindikasi dan dapat dilakukan penangan akhirnya mengalami stunting” Ungkap Wabup

Sementara itu Camat Cimarga, Jakaria menjelaskan di wilayahnya berdasarkan pencatatan hasil pendataan dilapangan terdapat 285 anak kategori stunting untuk itu, perlunya perhatian khusus semua pihak dalam penanganan anak kategori stunting ini.

“Alhamdulillah pada hari ini setelah kami dilantik dan dikukuhkan oleh pa wakil menjadi orang tua asuh, kami bersama-sama seluruh UPT dengan pengusaha yang ada mencoba mengambil langkah bagaimana mengatasi stunting ini” Ungkap Camat Cimarga

Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Lebak khususnya Tim TPPS Lebak yang dinilainya memiliki komitmen tinggi dalam pengentasan anak stunting di Kabupaten Lebak.
.
“Saya melihat Pa Wakil selaku Ketua TPPS Lebak juga ibu Wakil selalu Ketua TP PKK Lebak yang selalu kompak blusukan turun kelapangan, dan ini menjadi bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Lebak dalam percepatan penurunan stunting khususnya di Lebak dan Provinsi Banten pada umumnya'” Pungkas Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten.
.
Untuk diketahui Pemberian makanan tambahan (PMT) berupa telur ini merupakan program CSR PT. Pokhpand dalam mendukung percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Lebak yang diberikan secara rutin selama 6 bulan. (**)

Comments are closed.