Vaksin Booster Kedua Covid-19 Untuk Nakes Dimulai Hari Ini

40

Satubanten.com- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mulai program vaksinasi virus corona (Covid-19) dosis keempat atau booster kedua yang diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) pada Jumat (29/7/2022).

Pertimbangan pemberian vaksin Covid-19 booster kedua pada nakes ini dikarenakan kasus Covid-19 yang kembali melonjak. Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono menambahkan bahwa sudah ada dua dokter dilaporkan meninggal pada gelombang baru Omicron.

Tertulis pada surat edaran Nomor HK.02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Nakes yang menerima vaksin ini setidaknya sudah melakukan vaksin booster pertama enam bulan sebelumnya.

“Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 tersebut diberikan dengan interval 6 (enam) bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama,” demikian bunyi dari keterangan surat tersebut.

Kemenkes sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) yang tentunya sudah dipastikan keamanannya.

Pertimbangan lain adalah pemerintah memberikan vaksinasi dosis keempat pada nakes dikarenakan mereka sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga sejak akhir Juli 2021 lalu. Sementara hasil penelitian mengungkapkan imunitas yang didapatkan dari seseorang bisa menurun 6-8 bulan setelah pemberian vaksin Covid-19. (**)

Comments are closed.