Upacara Peringatan Harlah Pancasila Secara Virtual, Wabup Lebak : NKRI Harga Mati

138

Satubanten.com- Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi didampingi jajarannya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara daring di Lebak Data Center, Setda Lebak, Rabu (1/6/2022).

Pelaksanaan upacara sendiri dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan mengenakan pakaian adat Ende yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala.

Terpilihnya Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi kota diselenggarakannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 karena Ende merupakan kota di mana Presiden Soekarno pernah diasingkan oleh Belanda dan dalam pengasingan inilah Bung Karno mendapat inspirasi dan gagasan mengenai kebhinekaan serta kebangsaan, yang akhirnya tertuang dalam rumusan dasar negara kita, yaitu Pancasila.

“Hari ini tanggal 1 juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende Nusa Tenggara Timur. Dikota yang bersejarah ini Bung Karno Proklamator Kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara” Ungkap Presiden RI saat menyampaikan amanatnya pada upacara peringatan hari lahirnya pancasila.

Presiden RI juga mengajak seluruh warga indonesia untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu usai mengikuti upacara, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, Wabup Lebak didampingi jajarannya mengucapkan selamat mengucapkan Selamat Merayakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

“Pancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur dan sarana pemersatu bangsa, dan bagi kami NKRI Harga Mati” Tegas Wabup Lebak

Bertindak selaku perwira upacara Brigjen TNI Harfendi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IX/Udayana dan komandan upacara adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. (**)

Comments are closed.