Untuk Memaksimalkan Hasil Panen Padi, UPT BPTPH Banten Laksanakan Gernang DPI Bersama Petani

21

Pandeglang, Satubanten – Senin(6/5/2024), UPT BPTPH provinsi Banten bersama Poktan Sri Mukti 3 Desa Banjarmasin Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Banten laksanakan gerakan penanganan (Gernang) dampak perubahan iklim (DPI) di saluran irigasi.

Dalam kegiatan Gernang ini adalah kegiatan dimana petani melakukan bersih-beesih di saluran irigasi dari sampah dan rumput atau normalisasi saluran irigasi yang melintasi perkebunan petani.

Adapun gerakan penanganan (Gernang) itu merupakan salah satu program antisipasi dan adaptasi dampak perubahan iklim (DPI), Gernang DPI ini merupakan program besutan direktorat perlindungan tanaman pangan ini berfokus dalam upaya pengamanan tanaman dari banjir atau kekeringan.

Pada Gernang DPI ini selain ketua Poktan Sri Mukti 3 bernama Sapri dan anggota, yang tentunya hadir pula Korkab POPT bernama Ahmadi dan pegawai POPT Kecamatan Carita, juga hadir Korluh Pertanian Kecamatan Carita dengan para penyuluh pertanian.

Sementara itu Korkab POPT Ahmadi mengatakan, bahwa Gernang DPI ini dilakukan di empat titik dan per Poktan dapat luasan 1 km untuk normalisasi saluran irigasi, ke 4 titik itu berada di Kecamatan Labuan, Carita, Patia dan Cisata.

Ahmadi berharap program serupa dapat diteruskan atau direplikasi oleh Poktan lain yang terdakat, pungkasnya.

Ditempat yang sama, ketua Poktan Sri Mukti 3 bernama Sapri menuturkan, bahwa dia dan anggota sangat berterima kepada pihak pemerintah atau dinas pertanian atau program ini.

Sehingga saluran irigasi yang tadinya tersumbat oleh sampah dan banyak ditumbuhi rumput liar, menjadi lebih arus airnya dan bersih sepanjang saluran irigasi itu.

Selanjutnya untuk pemeliharaan akan dilakukan bersama oleh anggota Poktan dan petani yang lokasi sawahnya di dekat saluran irigasi tersebut, pungkasnya.

Comments are closed.