Kembangkan Calya, Toyota Gandeng Tiga Universitas Untuk Ubah Jadi Mobil Listrik

301

Tangerang,Satubanten.com – Untuk melakukan inovasi pihak Toyota menggandeng tiga universitas untuk merubah mobil murah Calya menjadi mobil listrik.

Adapun tiga universitas tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), serta Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dari hasil pengembangan tiga universitas ini disampaikan apa agende Webinar ‘Aktivitas Riset Universitas Sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Kendaraan Elektrifikasi

Selama ini baru pihak ITS yang sudah menyampaikan hasil pengujian jalan dengan menggunakan baterai hasil pengbangan internal.

Diketahui untuk dua universitas yakni UI dan ITB menggunakan baterai milik Toyota Prius.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menjelaskan bahwa kegiatan ini murni untuk penelitian.

“Pemilihan Calya untuk dikonversi ini juga murni usulan dari universitas,” ujar dia dalam Webinar.

Nantinya penelitian ini akan membuat Toyota memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai batas kemampuan model-model konvensional mereka saat ini untuk dijadikan mobil listrik.

“Kalau penelitian itu, kan, mencari streching-nya (limit maksimal–Red). Seberapa banyak komponen baterai dan lain-lain ini bisa diimplementasikan di segmen bawah,” papar Bob.

Sekadar informasi, Toyota diketahui sedang bersiap meluncurkan Kijang Innova hybrid.

“Kami sih, bercita-cita semua model yang diproduksi di Indonesia ada versi listriknya apakah itu BEV (battery electric vehicle/mobil listrik murni), hybrid, PHEV (plug-in hybrid), maupun flexy engine. Kami berharap semua model yang ada punya jenis elektrifikasinya,” tukas Bob.

Comments are closed.