Untuk Atasi Krisis Tenaga Kerja, Pemerintah Jepang Berencana Akan Menerima 820 Ribu Pekerja Asing

14

Satubanten.com- Jepang berencana untuk menerima hingga 820 ribu pekerja asing berketerampilan spesifik dalam lima tahun ke depan. Langkah ini bertujuan untuk mengatasi krisis tenaga kerja di Negeri Sakura tersebut.

Dilansir dari the Japan Times pada Jumat (29/3/2024), target tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan periode 2019-2024.

Visa pekerja asing berketerampilan spesifik mencakup berbagai sektor termasuk manufaktur, makanan dan minuman, konstruksi, pertanian, dan transportasi.

Visa tenaga kerja asing berketerampilan spesifik terdiri dari dua kategori. Visa kategori pertama memberikan izin tinggal di Jepang selama lima tahun, sementara visa kategori kedua mengizinkan penerima visa untuk membawa keluarga dan tak memiliki batas waktu.

Dalam lima tahun ke belakang, visa kategori pertama diterima 208 ribu pekerja asing, sementara visa kategori kedua diterima 37 orang.

Pekerja asing yang mengajukan visa kategori pertama harus bisa membuktikan keterampilannya. Mereka juga harus menguasai bahasa Jepang.

Persyaratan untuk visa kategori kedua lebih ketat. Namun, pekerja asing bisa menjadi penduduk tetap jika telah memiliki visa ini.

Secara keseluruhan, jumlah pekerja asing di Jepang menembus dua juta orang pada akhir 2023, rekor tertinggi sepanjang sejarah. (**)

Comments are closed.