University of Technology Sydney (UTS) tercantum dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia

21

SYDNEY, Satubanten- University of Technology Sydney (UTS) tercantum dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia, dan peringkatnya melesat 47 posisi hingga mencapai posisi ke-90 dalam peringkat global “QS World University Rankings”.

Untuk pemeringkatan pada 2024, QS pada tahap awal mengevaluasi 2.963 lembaga pendidikan tinggi sebelum menerbitkan daftar 1.500 universitas terbaik di lebih dari 100 negara.

Menurut Vice-Chancellor & President, UTS, Profesor Andrew Parfitt, tercantumnya UTS dalam jajaran 100 besar memperkuat reputasinya sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia.

“Staf kami dengan penuh semangat ingin membuat perubahan positif di dunia lewat riset dan perkuliahan. Maka, peringkat QS mengakui hal tersebut. Calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UTS, atau bergabung dalam kolaborasi riset atau perkuliahan, dipastikan akan bergabung dengan institusi akademik yang sangat terkemuka dan berkinerja tinggi.”

Pemeringkatan QS mengukur kinerja sebuah universitas berdasarkan sederet kriteria, seperti jumlah tenaga pengajar internasional, serta reputasi universitas sebagai pihak penyedia lapangan pekerjaan dan institusi akademik.

Peringkat QS terbaru ini telah diperbarui hingga meliputi kemampuan lulusan memperoleh pekerjaan, jaringan internasional, dan aspek keberlanjutan. Menurut QS, metodologi terbaru ini merespons perubahan tren yang lebih luas di dunia pendidikan dan masyarakat, serta menjawab tuntutan dan harapan mahasiswa serta institusi modern.

Bagi UTS, salah satu alasan terbesar di balik kenaikan peringkat internasionalnya selama dekade terakhir adalah fokus pada keunggulan dan dampak riset, seperti yang tecermin dari sitasi riset per fakultas. Untuk indikator ini, UTS menempati peringkat ketiga di Australia, dan ke-52 dunia.

“Pakar kami merupakan sosok terkemuka di sejumlah bidang, seperti kecerdasan buatan, desain kreatif dan teknologi, serta menyediakan solusi untuk tantangan global, seperti air bersih dan sanitasi, kota berkelanjutan, kesehatan dan kesejahteraan, serta energi terbarukan. Karya mereka telah menghasilkan dampak positif yang luas di tengah masyarakat,” ujar Profesor Parfitt.

University of Technology Sydney (UTS) adalah universitas teknologi terkemuka yang tercantum dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia. UTS mempersiapkan mahasiswa agar mampu menjawab tantangan masa kini dan masa depan melalui pendekatan belajar dan riset yang berorientasi pada masa depan.

Comments are closed.