Ular Piton 3 Meter Masuk Pondok Pesantren

18

Pandeglang, Satubanten.com- Ular piton dengan panjang kurang lebih tiga meter ditemukan di Pondok Pesantren Bina Insani Al-Barokah, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Jumat (12/5/2023) sekitar pukul 12.00 wib. Penemuan ular piton tersebut ditemukan para santri di lingkungan Pondok Pesantren.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang Plh. Kepala BPBD Pandeglang, Hasan Bisri mengatakan, anggotanya telah melakukan penangkapan ular piton dengan menurunkan petugas penangkap atau pawang ular.

“Kami menerima telepon dari pimpinan ponpes, kami punya tim ahli hewan melata atau hewan buas. Sehingga dengan mudah petugas menangkapnya dan ular itu langsung kita dievakuasi,” katanya.

Dengan adanya ular piton tersebut, kata dia, tidak hewan ternak yang di mangsa ular piton tersebut.

“Karena memang binatang buas kalau tidak di antisipasi akan beresiko, alhamdulilah tidak ada yang kena ular piton ini baik hewan maupun manusia,” kata Hasan.

Untuk itu, kata dia, untuk sementara ular piton tersebut diamankan di BPBDPK dan akan langsung diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten sehingga ekosistem kelestarian ular piton ini tetap terjaga.

“Ya setelah ini kita segera koordinasi dengan BKSDA Banten untuk diserahkan. Karena ini Jumat sore insyaallah paling lambat hari Senin kita serahkan, jadi sementara kita diamankan dulu disini,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Pandeglang apabila menemukan ular atau hewan buas agar untuk segera melaporkan ke BPBDPK Kabupaten Pandeglang untuk bisa segera ditangani. (Sbs/Iman)

Comments are closed.