Tingkatkan Kapasitas, RT – RW Diberikan Pembinaan

166

Pandeglang, Satubanten.com-  Tugas dan fungsi Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sangat strategis dalam menjalankan program pemerintah yang berdampak kepada masyarakat baik ekonomi maupun program sosial. Oleh sebab itu, sangat penting sekali pembinaan dilakukan agar kapasitas kelembagaan ditingkat masyarakat desa meningkat.

“Kami apresiasi kinerja RT dan RW karena punya tugas yang berat, harap pembinan ini dapat memberikan dampak positif dalam pembinaan masyarakat”, demikian dikatakan Bupati Irna Narulita pada kegiatan pembinaan spritual RT dan RW Kecamatan Panimbang di Desa Tanjungjaya, dan Kecamatan Munjul, Minggu (5/6/2022).

Diyakini Irna, kegiatan ditingkat RT maupun RW dapat berjalan dengan baik, sebab kata Irna baik RT maupun RW di Pandeglang sangat produktif.

“Kami yakin jika masyarakat terlayani dengan baik adanya RT dan RW, sehingga kepuasan masyarakat meningkat”, ungkapnya.

Sementara K.H Jamjami Ketua MUI Pandeglang yang memberikan materi tentang mental dan spiritual mengatakan, RT dan RW merupakan tugas yang mulia, oleh sebab itu harus mempunyai niat bekerja yang ikhlas.

“Pekerjaan kita bisa bernilai ibadah jika kita ikhlas dan tulus dalam melaksanakan tugas”, ujarnya.

Menurut Ketua MUI, RT dan RW merupakan pemimpin ditingkat kampung. Setiap kepemimpinan kata K.H Jamjami, merupakan penerus estafet kenabian.

“Untuk itu harus sadar agama agar bisa berbangsa dan bernegara, mari kita jaga Negara ini dimulai dari kampung agar masyarakat tentran dan damai”, pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Hadir Anggota DPR-RI Komisi 1 Rizki Aulia Rachaman. Pada kesempatan tersebut Rizki mengatakan, untuk keamanan negara dimulai dari lingkungan terkecil adalah tingkat kampung yang dibawah kordinasi RT dan RW.

“Untuk mewujudkan keamanan, RT dan RW harus kompak dan sinergi dengan masyarakat lainnya wujudkan stabilitas wilayahnya”, terang Rizki.

Agar bisa terwujud keamanan, diungkapkan Rizki masyarakat harus bisa sejahtera karena hal itu sangat berkaitan satu samalinnya.

“Semoga program yang diturunkan pemerintah bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat baik RT maupun RW”, imbuhnya.

Sementara Kepala Bagian Kersa Setda Adist Muntaha mengatkan kegiatan ini bertujuan untuk penguatan mental sepiritual ketua RT dan RW dalam melaksanakn tugasnya.

“Ini akan kita lakukan bertahap, untuk peserta di Kecamatan Panimbang sebanyak 304, dan Kecamatan Munjul 222 orang”, tandasnya.

Comments are closed.