Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi, Pemkab Pandeglang Gelar Bimtek

20

Pandeglang, Satubanten – Sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi, Bagian Organisasi Sekretariat daerah Kabupaten Pandeglang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Peningkatan Reformasi Birokrasi General dan Tematik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kamis (14/12/2023) bertempat di Hotel, S,rizki Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pandeglang Warso mengatakan penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan sistem yang terintegrasi mulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang juga selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan, “katanya.

“SAKIP menjadi tolak ukur penyelenggaraan pemerintahan terhadap pembangunan atau kinerja yang dilakukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah, “ucapnya.

Ia menambahkan adapun sasaran Reformasi Birokrasi General adalah terciptanya tata kelola pemerintahan digital yang lincah, kolaboratif dan akuntabel serta terciptanya budaya birokrasi ASN yang profesional, “tambahnya.

Sedangkan ungkap Warso, sasaran pada Reformasi Birokrasi Tematik adalah mempercepat pengentasan kemiskinan, dan mendorong daya saing, dengan penyelesaian masalah tata kelola pada berbagai program pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan dan tingkat penggunaan produk dalam negeri, “ungkapnya.

Sementra itu, Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan bimbingan teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Peningkatan Reformasi Birokrasi General dan Tematik merupakan langkah yang strategis dalam upaya pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan akuntabel, “kata Fahmi.

Ia berharap bimtek ini dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, “harapnya.

Comments are closed.