Timnas Indonesia Lolos Ke Semifinal Piala AFF U-16 2024

9

Satubanten.com- Timnas Indonesia U-16 berhasil memastikan langkahnya lolos dari babak grup Piala AFF U-16. Hasil ini didapatkan setelah skuad asuhan pelatih Nova Arianto ini berhasil menang dalam 3 laga dan mendapat 9 poin.

Laga melawan Laos pada Hari Kamis (27/6/2024) di Stadion Manahan, Solo, menjadi penutup kedigdayaan timnas Indonesia U-16. Putu Panji dan kawan-kawan berhasil comeback dan menang besar atas tamunya tersebut dengan skor  6 – 1.

Garuda muda sempat tertinggal di lima menit awal, lewat tendangan penalti yang dieksekusi Phayak Shipanom setelah mathew Baker dianggap melakukan pelanggaran terhadap salah satu pemain Laos.

Kedua tim saling menyerang dan mendapatkan beberapa peluang.

Pada menit menit awal Timnas Indonesia tidak bermain tenang, terlihat dari beberapa umpan yang kurang maksimal dan bola sering terebut oleh pemain Laos.

Timnas Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan melalui penalti. Pemain bernomor punggung 7 (Zahaby Gholy) dilanggar oleh pemain Laos di kotak terlarang dan Gholy langsung maju menjadi eksekutor untuk mencetak gol penyeimbang.

Keunggulan berbalik menjadi 2-1 memanfaatkan skema tendangan pojok.

Setelah skor 2-1, Permainan Indonesia semakin percaya diri dan hampir semua pemain Laos ikut bertahan.

Josh holong mencetak gol ketiga di menit 38.

Dan pada akhir babak pertama sang kapten Putu Panji mencetak gol ke 4, skor Half time 4-1.

Josh holong mencetak brace lewat tendangan kerasnya Lima belas menit usai turun minum, skor menjadi 5-1.

Dan gol terakhir dicetak di menit 79 oleh Mierza Firjatullah yang masuk sebagai pemain pengganti.

Skor akhir Timnas Indonesia U-16 (6) – Laos U-16 (1).

Dengan kemenangan tersebut,Timnas Indonesia U-16 berada di puncak klasemen Grup A dengan 9 poin dan melaju ke babak Semifinal Piala AFF U-16.

Indonesia masih menunggu pertandingan terakhir dari grup B dan grup C yang baru akan dilangsungkan pada Hari Jum’at (28/6/2024) dan Sabtu (29/6/2024). Di semifinal, skuad Garuda Asia akan berhadapan dengan juara grup C, sedangkan juara grup B akan melawan 1 tim runner-up terbaik.

Setelah fase grup selesai, selanjutnya laga semifinal akan digelar pada Hari Senin (1/7/2024) di Stadion Manahan, Solo. Garuda Asia akan melakoni laga pada malam hari, tepatnya pada pukul 20.00 WIB.

Stadion yang berkapasitas 20.000 penonton ini akan kembali menjadi tempat untuk menggelar laga final pada Hari Kamis (4/7/2024). Semoga Garuda Asia menunjukkan kelasnya dengan kembali berjaya dan mengangkat Piala AFF U-16 di stadion Manahan, Solo. (Sbs)

Comments are closed.