Terjadi Besok, Berikut Daerah-Daerah Yang Bisa Lihat Gerhana Bulan

407

Serang,Satubanten.com – Siapa yang sudah tau tentang Fenomena Gerhana Bulan Total? kejadian langka ini bakal terjadi di beberapa wilayah pada 15-16 Mei 2022 esok.

Tidak semua belahan Bumi dapat melihat fenomena gerhana bulan total tersebut. Semua tergantung pada zona waktu di wilayah masing-masing.

Fase awal gerhana diprediksi terjadi pada Minggu (15/5) pukul 22.28 EDT (Senin (16/5) pukul 09.28 WIB). Sementara super moon akan total terlihat pada Senin (16/5) pukul 12.11 EDT (Senin (16/5) pukul 11.11 WIB) dan berakhir sekitar pukul 01.55 EDT (12.55 WIB).

Gerhana Bulan Total 15-16 Mei, Berikut Wilayah yang Bisa Lihat

Pada penampakan pertamanya, Gerhana Bulan Total bisa dilihat jelas dari beberapa wilayah Timur Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, Afrika dan Pasifik Timur,Selandia Baru, Eropa Timur dan Timur Tengah.

Ciri-ciri Blood Moon adalah warna Bulan yang kemerahan, berbeda dengan gerhana Bulan lainnya. Fenomena ini akrab disebut Gerhana Bulan Total.
Menurut seorang ilmuwan Fred Espenak dikutip Space mengartikannya sebagai posisi bulan yang berada di titik terdekat dengan Bumi sehingga akan terlihat berwarna merah saat puncak gerhana terjadi.

Dikutip USA Today, super moon berarti bulan akan terlihat 7 persen lebih besar dan 15 persen lebih terang dari biasanya.

“Karena orbit bulan bukanlah lingkaran yang sempurna, bulan terkadang lebih dekat ke bumi daripada di waktu lain selama orbitnya,” menurut NASA.(Sbs/Mhs)

Comments are closed.