Tengku Iwan: Lomba Buka Baju Anak SD Mencederai Nilai Pancasila

564

Tangerang, Satubanten.com – Kota Tangerang dihebohkan oleh pemberitaan tentang lomba ganti baju siswa SD di SDN Uwung Jaya Kota Tangerang. Beredar kabar lomba tersebut terjadi pada hari Senin (11/07/2022) dalam acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah terkait.

Lomba buka baju yang digelar di ruang terbuka itu diikuti tak hanya oleh para siswa, namun juga para siswi. Hal ini pun kontan menuai protes dari para orang tua murid karena menilai lomba tersebut tidak berfaedah.

Menanggapi kasus yang tengah menjadi kontroversi dalam dunia pendidikan Kota Tangerang saat ini, Tengku Iwan selaku Wakil Ketua DPRD juga memberikan pendapat nya kepada satubanten.com

Pertama Tengku menyayangkan kejadian ini sampai terjadi dalam dunia pendidikan kita, mengingat selain sedang gencar melakukan pembangunan fisik, Kota Tangerang juga sedang mengupayakan pembangunan moral. Hal ini ditandai dengan hadirnya perda-perda sepeti perda Ketahanan Keluarga, Perda Pendidikan Diniyah, Perda Layak Anak, yang kesemuanya dimaksudkan untuk menguatkan pertumbuhan generasi masa depan yang sehat, yang mampu melindungi mereka dari kelemahan jiwa dan bahaya perilaku menyimpang semisal LGBT, dll.

Selanjut nya Ia juga mengapresiasi ketegasan Dinas Pendidikan Kota Tangerang yang telah memberikan teguran kepada mereka yang bertanggung jawab atas kegiatan lomba tersebut. Semoga kedepan nya tidak terulang lagi kegiatan-kegiatan semacam ini. Selain tidak bermanfaat, tidak kreatif, dan kurang mendidik lomba tersebut juga bertentangan dengan Pancasila. Bahkan UUD 1945 pasal 29 ayat 1 mengatakan Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dimana itu berarti norma agama harus dikedepankan dalam dunia pendidikan kita.

Tak lupa Tengku juga berterimaksih kepada para orang tua siswa dan masyarakat yang telah peduli, peka dan kritis serta menyadari bahwa tugas sekolah bukan sekedar memindahkan isi kertas kedalam otak siswa tapi juga merubah mindset siswa menjadi manusia yang berkarakter.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang berani menyuarakan protes nya atas lomba buka baju tersebut. Prinsip nya kekeliruan itu bisa diperbaiki, tapi untuk mengingatkan kekeliruan dibutuhkan keberanian dan itu kita apresiasi”, pungkas Tengku pada satu Banten.com.

Sebelum berita ini dimuat Dinas Pendidikan Kota Tangerang telah memberikan teguran terhadap SDN Uwung Jaya. Jamalludin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang telah melayangkan surat teguran dengan nomor 421.2/3095-Bidang SD. Teguran juga dilayangkan untuk Korwil Cibodas dan pengawas Korwil Cibodas yang dinilai lalai sehingga terlaksana kegiatan yang dianggap tidak etis dalam dunia pendidikan tersebut. (ero)

Comments are closed.