Tekhnologi Informasi Dalam Dunia Bisnis

240

 

Oleh: Mufti Aulia Dan Mariana Fransiska Muma, Universitas Pamulang 

Satubanten.com- Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut perkembangan pada banyak bidang, salah satunya adalah teknologi informasi. Teknologi informasi adalah salah satu bidang yang sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi yang mumpuni, kemungkinan perkembangan yang terjadi tidak akan sejauh seperti saat ini.

Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berfungsi dalam memproses, mengolah, menyusun, mendapatkan, menyimpan dan mengubah seluruh data dengan berbagai macam upaya agar bisa memperoleh informasi yang berguna dan berkualitas.

Pentingnya Pengelolaan Teknologi
(1) Karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen,
(2) Karena pengaruh ekonomi internasional (globalisasi),
(3) Karena perlunya waktu tanggap (respons time) yang lebih cepat.

Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:

1). Munculnya peluang bisnis baru (E-business), dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.
2). Mengurangi biaya produksi dan operasional, kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. Dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

3). Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan, mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.
4). Akses informasi dan penyebaran informasi, mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.
5). Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.

Jadi peran perkembangan teknologi informasi pada saat ini tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karen itu, untuk pengunaannya harus digunakan secara bijak.

Tujuan Teknologi Informasi
Memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Contoh teknologi informasi :
Tidak hanya mencakup komputer pribadi, tetapi juga telepon, televisi, elektronik konsumen, dan perangkat portabel modern (seperti ponsel). Memproses, Menyimpan, dan menyebarluaskan informasi suara, gambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berdasarkan kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Terminologi modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel tahun 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review.

Fungsi Teknologi Informasi
Teknologi tersebut tentunya memiliki fungsi yang sangat penting. Minimal ada enam fungsi utama dari teknologi informasi, yakni menangkap, menyimpan, mengolah, transmisi, melakukan pencarian kembali, dan menghasilkan. Nah, berikut ini adalah penjelasan dari keenam fungsi tersebut.

1. Menangkap (Capture)
Dalam hal ini, menangkap diartikan sebagai melakukan penginputan. Contohnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lain-lain. Fitur ini kemungkinan sudah tidak asing lagi untuk kita yang menggunakannya untuk menyimpan beberapa informasi khusus.

2. Mengolah atau Memproses Data
Pengolahan atau pemrosesan suatu data bisa berbentuk konversi, analisis, sintesis, perhitungan dalam segala bentuk data dan juga informasi. Dengan adanya fungsi ini, maka pengguna akan lebih dimudahkan.
3. Menghasilkan (Generating) Artinya, teknologi ini memiliki peran penting sebagai suatu alat guna mengorganisasikan suatu informasi ke dalam suatu bentuk yang lebih terarah dan juga lebih mudah untuk dipahami, contoh sederhananya adalah seperti suatu tabel ataupun grafik.
4. Penyimpan (Storage) Fungsi teknologi informasi selanjutnya adalah untuk merekam ataupun menyimpan data dan juga informasi dalam suatu media yang mudah untuk digunakan untuk keperluan lainnya. Contohnya seperti disimpan ke dalam harddisk, disket, tape, CD, dan media lainnya.
5. Mencari Kembali (Retrieval) Dalam hal ini, teknologi ini berfungsi untuk menelusuri, memperoleh kembali informasi ataupun menyalin data dan juga informasi yang sebelumnya sudah tersimpan. Contohnya
seperti mencari data pemasok yang sudah lunas, dll. Data yang sudah berhasil disimpan terkadang sulit untuk ditemukan karena sudah terlalu penuh, tapi dengan adanya fungsi ini, maka akan mempermudah pengguna dan juga menghemat waktu.
6. Transmisi (Transmission)
Teknologi berfungsi untuk mengirim data dan juga informasi dari suatu lokasi lain dengan menggunakan jaringan komputer. Contohnya seperti mengirim data penjualan dari Pengguna X ke pengguna Y. Sehingga, mereka tidak perlu lagi menyalin satu per satu lagi, mereka hanya perlu membagikan file tersebut saja.

Berikut Bagaimana Dampak Teknologi Informasi dalam Bisnis Saat Ini:
1. Dampak pada Biaya Operasi
Dampak teknologi informasi dalam bisnis yang pertama dapat dirasakan dalam biaya operasi. Dalam hal ini, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan kemudahan teknologi untuk semakin menurunkan biaya usaha. Perangkat lunak perusahaan dasar memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi fungsi back office, seperti pencatatan, akuntansi, dan penggajian. Teknologi seluler memungkinkan kantor pusat dan perwakilan lapangan berinteraksi secara waktu nyata. Misalnya, lapangan perwakilan dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mencatat pengeluaran harian mereka saat mereka mengeluarkannya dan menyinkronkannya secara otomatis dengan perangkat lunak akuntansi di kantor.

2. Peningkatan Proses Komunikasi

Bagaimana dampak teknologi informasi dalam bisnis saat ini yang kedua dapat dirasakan dalam hal peningkatan proses komunikasi Teknologi bisnis membantu bisnis kecil meningkatkan proses komunikasi mereka. Email, SMS, situs web, dan aplikasi kini bisa memfasilitasi peningkatan komunikasi dengan konsumen. Menggunakan beberapa jenis metode komunikasi teknologi informasi memungkinkan perusahaan memenuhi pasar ekonomi dengan pesan mereka.

Teknologi juga meningkatkan komunikasi antar kantor. Misalnya, perangkat lunak intranet sosial memberi karyawan portal terpusat untuk mengakses dan memperbarui dokumen dan kontrak internal serta menyampaikan data yang relevan ke departemen lain secara instan. Metode ini juga membantu perusahaan menjangkau konsumen melalui perangkat seluler di format waktu nyata.

3. Peningkatan Produktivitas Karyawan
Selanjutnya dapat dirasakan pada peningkatan produktivitas karyawan. Pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas karyawan mereka melalui penggunaan teknologi. Program komputer dan perangkat lunak bisnis biasanya memungkinkan karyawan untuk memproses lebih banyak informasi secara lebih cepat dan akurat daripada metode manual.

Bahkan teknologi bisnis mendasar dapat berdampak besar pada kinerja karyawan. Misalnya, dengan menempatkan informasi penilaian kinerja karyawan dalam kerangka online, para manajer dapat dengan mudah membuat tujuan terukur bagi karyawan mereka untuk mencapai dan mempertahankan tujuan perusahaan. Pemilik bisnis juga dapat memilih untuk memperluas operasi menggunakan teknologi daripada karyawan jika teknologi akan memberikan hasil produksi yang lebih baik.

4. Perluas Basis Pelanggan
Kelima dapat dirasakan pada perluasan basis pelanggan. Teknologi memungkinkan usaha menjangkau pasar ekonomi baru. Daripada hanya menjual barang atau jasa konsumen di pasar lokal, para pengusaha juga dapat menjangkau pasar regional, nasional, dan internasional. Situs web ritel adalah cara paling umum bagi pengusaha untuk menjual produk di beberapa pasar ekonomi yang berbeda.

5. Pengelolaan Pekerjaan dengan Lebih Mudah dan Hemat Waktu
Selanjutnya yang terakhir dapat dirasakan pada sistem pengelolaan pekerjaan dengan lebih mudah. Teknologi telah memungkinkan pemilik dan pemimpin bisnis untuk tetap berada di puncak pekerjaan mereka dengan melacak waktu dan kemajuan. Dengan alat manajemen proyek berbasis web, Anda dapat berkolaborasi secara efisien dengan tim Anda dan berbagi akses pada dokumen.

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis. Meskipun teknologi ini memiliki banyak dampak positif, namun ia juga tidak lepas dari dampak negatif. Beberapa dampak negatif dari teknologi tersebut adalah kecanduan dan juga ketergantungan. Untuk itu, kita harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi. (Sbs)

Comments are closed.