Tantangan Dunia Teknologi Informasi di Indonesia

414

 

Oleh: Kemal Fasya/Mahasiswa Universitas Pamulang

 

Satubanten.com- Tantangan sekaligus tuntutan di era abad ke-21 tidak bisa lepas bahkan dipisahkan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT), karena interaksi sosial dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan diberbagai aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, budaya dan lain sebagainaya, nyaris tidak ada lagi batas ruang, jarak dan waktu, bisa dimana saja dan kapan saja selama media dan aksesnya tersedia. Seiring perkembangan dunia IT (Information Technology) saat ini semakin pesat teknologi informasi semakin pula banyak tantangan. BErikut tantangan dunia teknologi informasi saat ini di Indonesia:

1. Tantangan pertama, bagaimana menghasilkan berbagai produk-produk teknologi informasi, terutama perangkat lunak, sebagai produk industri dalam negeri Indonesia. Jika dilihat dari sisi kompetensi, maka sebetulnya Indonesia tidak kekurangan tenaga ahli di bidang ini. Tetapi mengapa kita tidak mampu membangun industri perangkat lunak yang handal? Tantangan ini harus dijawab tidak hanya dengan mengandalkan kompetensi teknis di bidang TI, melainkan juga kompetensi untuk mengelola industri atau bisnis TI itu sendiri.

2. Tantangan kedua, bagaimana memanfaatkan TI untuk dapat memecahkan berbagai persoalan strategik negara Indonesia ini. Sudah saatnya manajemen negara ini menggunakan teknologi modern untuk membangun good governance dan clean government. TI memiliki potensi untuk ikut serta memecahkan persoalan-persoalan seperti korupsi, penegakan demokrasi, dan sebagainya.

3. Tantangan ketiga, bagaimana menghasilkan para profesional TI yang tidak hanya mahir “berkomunikasi dengan teknologi”, melainkan juga mahir “berbicara dengan manusia”. Intinya adalah, bagaimana menghasilkan
profesional TI dengan hard skills dan soft skills yang seimbang untuk mampu berkiprah di dunia industri TI saat ini dan ke depan.

4. Tantangan ke-empat, bagaimana agar seluruh masyarakat di Indonesia mengenal dan mengetahui tentang dunia IT. Banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengenal IT sebagai contoh masyarakat di pedesaan
atau daerah tertinggal, belum semua warga masyarakatnya mengenal teknologi informasi, mereka masih menggunakan cara tradisional dam kehidupan sehari-hari.

5. Tantangan kelima, bagaimana agar terjadi pemerataan dan penyebaran akses internet. Akses Internet di Indonesia masih belum merata serta masih banyak masyarakat Indonesia belum mengenal manfaat internet. Dengan pemerataan akses internet di Indonesia diharapkan masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan internet seta dapat membantu masyarakat agar lebih mudah dalam menjalankan pekerjaannya.

6. Tantangan keenam, bagaimana cara memberantas kejahatan dalam dunia IT. Tingkat kriminalitas di dunia IT khususnya di Indonesia masih tinggi. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk mengurangi dan memberantas kejahatan IT sebagai contoh kejahatan IT adalah pembajakan, penipuan, pembobolan rekening, hacking, cracking dan lain-lain.

7. Tantangan ketujuh, bagaimana agar kita menggunakan produk teknologi buatan anak negeri sendiri. Dengan begitu secara tidak langsung kita telah mendorong kemajuan pembuatan teknologi anak bangsa sendiri. Masyarakat kita lebih senang menggunakan dan membeli produk IT dari negara luar. Mereka beranggapan bahwa kualitas produk IT dari luar negeri lebih bagus daripada produk IT dalam negeri tapi pada kenyataannya kualitas produk IT dalam negeri tidak kalah bagusnya dari produk luar. Ini merupakan tantangan dunia IT Indonesia saat ini.

8. Tantangan Kedelapan, Memanfaatkan peluang yang ada. Atau akan lebih baik lagi  untuk menciptakan peluang sendiri dengan cara mempersiapkan diri kita dengan membuka wawasan bagi munculnya ide baru dan masukan- masukan.

Dari berbagai macam tantangan dunia teknologi informasi Indonesia saat ini masih banyak tugas bagi Indonesia dalam pengembangan dunia IT agar teknologi informasi di Indonesia dapat maksimal dalam hal pemanfaatan dan penggunaannya. Yang

kita perlukan dalam pemaksimalan manfaat dan penggunaan IT adalah bagaimana cara kita dalam mengaplikasikan teknologi informasi kepada masyarakat agar lebih berguna. Dengan pemaksimalan manfaat dan guna teknologi informasi, kualitas SDM masyarakat kita akan meningkat serta dapat mensejahterakan rakyat Indonesia. Dengan begitu perkembangan teknologi informasi Indonesia lebih maju dan berkembang dengan pesat. (Sbs)

Comments are closed.