Taman Jaya, Gerbang Wisatawan Asing ke Ujung Kulon

113

Sumur, SatuBanten – Buat kalian yang tengah mencari destinasi liburan seru dan menantang, pastinya tak boleh lewatkan keindahan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang tersohor. Terletak di sebelah barat Pulau Jawa, kawasan ini sukses merebut hati para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Dengan lukisan alam yang begitu eksotis, pantainya yang putih bersih dan pasir super lembut, ditambah hutan primer yang terjaga membuatnya layak dipilih sebagai destinasi liburan para wisatawan asing.

Untuk menikmati pesona Ujung Kulon, tentu ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan. Mulai dari izin masuk, tiket retribusi hingga fisik yang mumpuni.

Persiapan trecking di Taman Jaya. (ist)

Menurut Irom selaku pengelola Homestay Sunda Jaya di Desa Taman Jaya mengatakan bahwa Kawasan Taman Jaya merupakan setiap minggu selalu ada tamu asing yang menginap di homestay yang ia kelola.

“Tamu asing kebanyakan dari Eropa dan Jepang yang ingin trecking ke Kalajetan dan Cegog hingga surfing di Panaitan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, jalur trecking Taman Jaya ke Kalajetan merupakan jalur one day activity yang kerap diambil oleh wisatawan asing termasuk olah raga surfing di Pulau Panaitan.

“Kalau tamu local lebih banyak ke Pulau Peucang karena memiliki pantai yang landau dan cocok buat liburan keluarga,” ungkapnya.

Pulau Peucang bukan hanya sekedar pulau biasa. Ia adalah bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, satu-satunya area yang masih menyimpan aneka satwa liar seperti monyet, babi hutan hingga rusa yang hidup menyatu dengan alam dan bisa dinikmati wisatawan.

Menikmati salah satu spot air terjun mini di Ujung Kulon. (ist)

Meski berada di tengah laut dan hutan, fasilitas di Pulau Peucang cukup lengkap. Anda bisa menemukan penginapan, warung makan, hingga pusat penjualan suvenir. Tidak perlu khawatir tentang ketersediaan air tawar, karena ada sumur-sumur yang dapat digunakan.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di Pulau Peucang. Mulai dari berenang, snorkeling, hiking, hingga camping. Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam yang begitu indah dan menenangkan.

Bagi Anda pecinta fotografi, banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar foto Anda. Mulai dari pantai bersih, hutan alami, hingga sunset dan sunrise yang mengagumkan.

Kesimpulannya, Ujung Kulon adalah surga tersembunyi yang wajib dikunjungi oleh Anda pecinta alam. Dengan tiket masuk yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Untuk mencapai Taman Jaya sebagai salah satu gerbang masuk di Ujung Kulon, biasanya wisatawan asing kelas backpacker naik mobil PS atau ELF dari Terminal Serang dengan ongkos 75 ribu rupiah sekali jalan. Beberapa wisatawan lainnya ada yang mencarter mobil langsung dari Jakarta.

Sudah siap menjelajahi Ujung Kulon? Jangan ragu dan buatlah petualangan seru Anda sendiri di sini. (***)

Comments are closed.