Sudah Disiapkan, Konsumen Pertalite Dan Solar Harus Terdaftar di MyPertamina

103

Tangerang,Satubanten.com – pemerintah Indonesia melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) memastikan bahwa ke depan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi akan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Hal ini dilakukan agar penyaluran atau pemakaian bahan bakar jenis Pertalite dan Solar dapat dikontrol melalui aplikasi yakni My Pertamina dan penyaluranya pun bisa tepat sasaran.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan bahwa ke depan setiap transaksi pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar di SPBU akan diintegrasikan dengan aplikasi My Pertamina.

“Ke depan akan menggunakan IT yang sudah disiapkan oleh Pertamina menggunakan MyPertamina sehingga kedepannya semua konsumen yang akan menggunakan BBM JBT maupun JBKP harus melakukan registrasi di dalam aplikasi tersebut,” kata Erika dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII.

Meski banyak tantangan kedepanya dalam melaksanakan peraturan ini dimana masih banyak kendala yang akan ditemui seperti tiadanya alat komunikasi dan jaringan yang memadai.

“Kira kira kendala masalah di jaringan kemudian juga di pelosok, orang gak punya HP nanti itu kami juga cari jalan keluarnya. Mungkin kembali ke jalur manual dengan memasukkan nomor polisi,” ujar Erika.

Untuk diketahui, PT Pertamina saat ini tengah menyiapkan roadmap atau peta jalan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal tersebut dilakukan supaya penerapannya di lapangan dapat berjalan lancar.

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman menjelaskan pihaknya hingga kini masih menggodok mengenai draft kriteria pembeli yang berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar subsidi. Ia juga menerangkan bahwa saat ini pihak Pertamina sudah mulai membuat roadmap untuk mengimplementasi penggunaan MyPertamina di SPBU.

“Pertamina sudah buat roadmapnya, coba tanya ke Pertamina Patra,”ujarnya.

Comments are closed.