Sinar Mas Land gunakan AI Untuk Deteksi Kerusakan Infrastruktur di BSD

26

Tangerang, Satubanten – Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengungkapkan bahwa Sinar Mas Land saat ini telah memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi kerusakan pada infrastruktur.

Saat ini Sinar Mas Land telah menggunakan teknologi tersebut di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City dimana pihaknya memanfaatkan mobil patroli yang dipasang kamera, sehingga bisa mendeteksi jalan rusak sekaligus titiknya.

Dari data yang dapat tidak hanya mengetahui titik lokasi tapi juga dapat mendeteksi tinggkat kerusakan dan mendeteksi kerusakan sejak dini sehingga bisa mempercepat perbaikan dan menghemat waktu dalam perbaikan.

“Pemanfaatan AI ini juga sekaligus digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan. Kalau ada satu titik yang rusak terus, berarti ada kesalahan dalam pengerjaannya,” katanya seperti dilansir dari IDX Channel, Senin 20 November 2023.

Dalam perjalananya menciptakan teknologi yangdapat membantu pengembangan pada perusahaan Sinar Mas bekerja sama dengan berbagai mitra sperti global tech giant seperti Microsoft Indonesia, NTT Global, dan lainnya.

Inovasi yang terus dikembangkan adalah salah satu mimpi perusahaan untuk mejadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI).

“Wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi kami dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur ‘Tanya’ dalam aplikasi OneSmile,” lanjut Gani.

Comments are closed.