Sidak Pasar Babakan, Tim BPOM Tangerang Temukan 6 Sampel Makanan Yang Mengandung Bahan Berbahaya

12

Tangerang, Satubanten – Tangerang, Satubanten – Saat bulan ramadan Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Tim Kordinasi Pengawasan Obat dan Makanan Kabupaten Tangerang melakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan dan peredaran obat di Pasar Babakan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/03/2024).

Dalam kegiatan ini juga diikuti oleh Camat legok Soni Karsan, ia menerangkan bahwa pada saat ramadhan ini kebutuhan pangan meningkat dan demi menjaga pasokan pangan yang sehat untuk masyarakat maka pemerintah melakukan pengawasan pangan guna memastikan keamanan produk dipasaran.

“Dalam kegiatan ini kami fokus pada pengawasan produk pangan olahan di Pasar Babakan. Kita telah mendapatkan beberapa sampel dan akan di cek untuk melihat apakah dalam makanan ini ada bahan kimia berbahaya atau tidak,” ucap Sony.

Kegiatan ini dilakukan dengan memeriksa sarana distribusi dan retail pangan di area pasar Babakan, setelah itu pengambilan beberapa sampel makanan yang memiliki potensi kandungan bahan berbahaya didalamnya.

“Mudah mudahan dengan adanya pengawasan dan pemeriksaan ini dapat menjaga mutu keamanan pangan yang beredar di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Farmasi dan Keamanan Pangan pada Dinkes Kab Tangerang, Desi Tirtawati menyampaikan, dari hasil pengawasan ditemukan sebanyak 6 produk pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan rhodamin.

Terkait sampel makanan yang positif mengandung bahan berbahaya, Desi menyampaikan pihaknya akan melakukan pembinaan dan edukasi kepada para penjual.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinkes Kab Tangerang dan Balai Besar POM Tangerang, dari total 53 sampel kami menemukan 6 sampel yang positif mengandung bahan berbahaya seperti formalin. Diantaranya yakni mie basah, mie kuning, tahu putih basah, tahu coklat kotak. Sedangkan untuk bahan berbahaya rhodamin kami temukan pada produk pacar cina,” ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan bahan pangan, Desi menyampaikan pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap toko kosmetik dan obat.

Comments are closed.