Shin Tae-yong Berhasrat Membawa Timnas Indonesia Lolos Putaran Final Piala Asia di Tiga Kelompok Umur Berbeda

31

Satubanten.com- Rencana gila Shin Tae-yong yang ingin membawa Timnas Indonesia selevel dengan Timnas Jepang. Hal itu terlihat dari bagaimana Shin Tae-yong mempersiapkan skuadnya di bulan September 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memiliki jadwal padat pada September 2023, mulai dari laga FIFA Matchday hingga kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Untuk menghadapi serangkaian agenda tersebut, Shin Tae-yong melakukan sedikit perombakan pada skuad Timnas Indonesia Senior.

Beberapa pemain muda yang rutin dimainkannya, akan digeser untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Kemudian, Shin Tae-yong juga akan lebih fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U23. Ia juga menunjuk asistennya, yakni Choi In-Cheol untuk memimpin latihan Timnas Indonesia Senior jelang menghadapi Turkmenistan di laga uji coba pada Jumat, 8 September 2023.

Mengapa cara di atas ditempuh Shin Tae-yong? Hal ini karena Shin Tae-yong berhasrat membawa Timnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia di tiga kelompok umur berbeda.

Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-20 dan senior lolos putaran final ajang sepakbola tertinggi di Asia tersebut. Kini giliran Timnas Indonesia U-23 yang berkesempatan besar lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 akan berperan sebagai tuan rumah di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Nantinya, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Taiwan U-23 pada 9 September 2023 dan Turkmenistan U-23 pada 12 September 2023.

Jika Timnas Indonesia U-23 menjadi juara grup atau masuk ke dalam empat runner-up terbaik, maka mereka akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar pada Mei 2024.

Andai hal ini benar-benar terwujud, maka Shin Tae-yong akan menjadi pelatih pertama Timnas Indonesia yang mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke putaran final Piala Asia U-23, sekaligus pelatih pertama yang membawa tiga kelompok usia Timnas Indonesia ke Piala Asia. (**)

Comments are closed.