Selain Bisa Buat Awet Muda, Gula Aren Juga Bisa Turunkan Stres

147

Serang, Satubanten.com – Siapa yang tidak kenal gula aren dimana gula ini menjadi salah satu gula yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh.Sejak dahulu, gula aren dikenal memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Banyak literasi yang membahas tentang manfaat gula aren loh sobat salah satunya adalah Bold Sky, tidak hanya rasa yang manis gula aren juga memiliki kandungan penting seperti vitamin C, vitamin B1, asam folat, hingga zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Khasiat gula aren dapat menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. Selain itu, masih banyak khasiat gula aren yang perlu diketahui. Nah berikut beberapa manfaat khasiat gula aren yang baik untuk tubuh kita:

Yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asupan kalium setiap harinya berperan penting untuk menjaga keseimbangan kadar kalsium dalam tulang. Selain itu, mengonsumsi gula aren secara teratur juga dapat mencegah osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda bisa mendampinginya dengan pola hidup sehat, seperti makan dan olahraga teratur. Dengan begitu, tulang akan jauh lebih sehat dan kuat.

Khasiat gula aren yang lainnya, yaitu dapat mencegah penyakit ginjal. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan asupan kalium bisa meningkatkan risiko terbentuknya endapan kalsium di ginjal, sehingga menyebabkan batu ginjal.

Maka dari itu, untuk menurunkan risiko penyakit ginjal, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalium setiap hari. Jumlah asupan kalium yang dianjurkan untuk orang dewasa sehat per hari adalah sekitar 3.500-4.700 mg. Dengan mengonsumsi gula aren secara rutin dan teratur, berperan penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Khasiat gula aren untuk kesehatan berikutnya, yaitu melawan radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Mengonsumsi gula aren menjadi salah satu hal yang bisa membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga mengonsumsi gula aren secara rutin dapat menangkal radikal bebas.

Gula aren juga efektif untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena gula aren memiliki kandungan serat yang berperan penting untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan inulin dalam gula aren juga berperan penting untuk menjaga kesehatan usus.

Khasiat gula aren untuk kesehatan yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi gula aren.

Kandungan nutrisi penting pada gula aren berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat di gula aren juga dapat membuat awet muda. Hal ini karena gula aren memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B yang mampu menghambat proses penuaan dini. Selain itu, gula aren juga berfungsi efektif untuk membantu melindungi kulit dari berbagai penyakit.

Khasiat gula aren untuk kesehatan selanjutnya, yaitu mengatasi darah rendah. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya akan mengalami gejala pusing, mata berkunang-kunang, dan sering merasakan lemah lesu. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak dan jantung.

Salah satu cara alternatif mengatasi tekanan darah rendah dengan mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula aren. Saat mengonsumsi pemanis ini, glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus. Hal ini akan mempengaruhi kinerja otak dan kecepatan denyut jantung, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah agar tetap bisa beraktivitas dengan optimal.

Khasiat gula aren untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat mencegah stres. Manfaat gula aren bisa meredakan stres karena pemanis ini mampu merangsang hormon bahagia di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan gula aren juga berfungsi efektif untuk menurunkan ketegangan otak. Sehingga dengan menambahkan gula aren pada minuman yang Anda sukai membantu melepaskan ketegangan dalam tubuh yang sering kali memicu stres.

Comments are closed.