Sekolah Lapang Tingkatkan Kapasitas Para Penyuluh

42

Pandeglang, – Sekretaris Daerah ( Sekda ) Ali Fahmi Sumanta membuka acara Peningkatan kapasitas pemandu SL Sekolah lapang (SL) yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang,di Hotel Wira Carita, Senin ( 06/05/24 ).

Menurut Sekda sekolah lapang akan menambah pengetahuan bagi para peserta yang hadir yaitu para penyuluh lapangan yang selalu mendampingi para petani.

“Ilmu dan kapasitas harus terus ditingkatkan apalagi dalam bidang pertanian yang berkaitan dengan pangan,” ungkap Sekda.

Sekda berharap, sebagai penyuluh harus mengutamakan elektabilitas dalam bekerja, dengan ada nya acara peningkatan kapasitas pemandu sekolah lapangan ini akan membuat para penyuluh memiliki pemahaman yang luas dibidangnya.

“Pada sekolah lapang ini akan diperaktekan cara lebih hemat dalam penggunaan pestisida dan pupuk, dapat membuat pupuk sendiri, dan peningkatan produksi,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang Nasir mengatakan, yang hadir pada kegiatan sekolah lapang adalah penyuluh kurang lebih dari 20 kecamatan se Kabupaten Pandeglang.

“Bapak ibu harus tau apa yang dibutuhkan petani, saya ini kira perlu pemahaman keterkaitan masalah dilapangan misanya keterlambatan panen atau serangan hama yang berdampak pada produksi, petani harus didampingi tidak boleh ditinggal,” katanya.

Nasir juga mengatakan, kali ini bukan saja SL Padi, namun ada juga Hortikultura, dan Peternakan, menurutnya, ini cukup penting bagi para penyuluh lapangan yang akan mendampingi petani.

“Saya kira ini cukup penting, saya harap bapak ibu sebagai pemandu mampu memberikan pembekalan nanti kepada petani, kegiatan ini mengunakan anggaran pmk 212 karena adanya peningkatan untuk sdm khususnya petani, sehingga provitas padi akan meningkat,”pungkasnya. (**)

Comments are closed.