Sekda Pandeglang Minta Pengawas Sekolah Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi

13

Pandeglang, Satubanten.com – Sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Sekretaris daerah meminta seluruh Pengawas sekolah agar selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya terhadap dunia pendidikan.

“Pendidikan merupakan bagian program skala prioritas pemerintah, maka dari itu peran Pengawas sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya guna meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang lebih baik, “demikian disampaikan Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta saat memberikan arahan kepada para Pengawas sekolah bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pandeglang, Jumat (29/9/2023).

Menurutnya, guna menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan, peranan Pengawas pendidikan menjadi sangat penting, karena untuk mengontrol, menilai dan mengevaluasi jalanya proses pendidikan agar menjadikan sekolah lebih maju dan bermutu, karena mutu pendidikan yang dicapai suatu lembaga pendidikan merupakan cerminan bahwa lembaga tersebut dikelola dengan baik, “ucapnya.

“Pengawas sekolah harus handal dan berkualitas, artinya mereka harus menguasai tugas profesinya, oleh karena itu, peran dan kontribusi Penilik dan Pengawas dalam meningkatkan mutu pendidikan dan peningkatan IPM harus optimal,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pandeglang Hasan Bisri mengatakan pembekalan bagi para pengawas sekolah SD dan SMP yang dilakukan saat ini merupakan tindaklanjut dari proses pelantikan yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, dimana mereka diberi pembekalan dan penugasan di sekolah masing-masing, “katanya.

“Beberapa Pengawas yang dilantik beberapa hari yang lalu ini ada yang mendapatkan tugas tetap disekolah tersebut, dan ada pula yang mendapat tugas untuk mengisi kekosongan jabatan di tempat yang lain, “pungkasnya.

Comments are closed.