Sebuah Studi Mengungkapkan Bahwa Hubungan Pertemanan Dapat Mempengaruhi Kesuksesan Seseorang

36

Satubanten.com- Dengan siapa yang berteman ternyata bisa mempengaruhi nasib kita kedepan. Tak hanya sebuah anggapan, rupanya hal tersebut pun diperkuat oleh sebuah studi yang mengungkap bahwa hubungan pertemanan dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Harvard University, Stanford University, dan New York University (NYU) di Amerika Serikat mengumpulkan data 72 juta pengguna Facebook di negara tersebut.

Mereka menemukan seseorang dari keluarga menengah ke bawah yang memiliki gaji lebih tinggi saat sudah dewasa, masa kecilnya berteman dengan orang kaya.

Jurnal Nature juga menerbitkan makalah yang mengungkap tentang seorang anak dari kelas menengah ke bawah tinggal di daerah 70 persen orang kaya. Ini disebut dengan ‘keterhubungan ekonomi’ (economic connectedness).

Bahkan, korelasi tersebut tak ada hubungannya dengan pendidikan dan pekerjaan. Hal itu terjadi begitu saja sebab korelasi pertemanan lebih kuat ketimbang kualitas sekolah dan lapangan kerja.

Tak hanya itu, peneliti juga menganalisis 21 miliar koneksi pertemanan online di Facebook dengan mengumpulkan data pendapatan latar belakang keluarga, pendidikan, pekerjaan dan tempat tinggal.

Di sana mereka melihat keterkaitan ‘keterhubungan ekonomi’ adalah satu-satunya modal sosial terukur yang berkorelasi kuat dengan naiknya pendapatan seseorang. (**)

Comments are closed.