SDN 07 Pinang Kota Tangerang Raih Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

54

Tangerang, SatuBanten – Kota Tangerang kembali menorehkan banyak prestasi membanggakan. Tahun ini sebanyak 24 sekolah tingkat SD dan SMP mendapatkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri KLHK, Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023).

Penerima penghargaan Adiwiyata dinilai telah berhasil menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Salah satu sekolah yang mendapatkan penghargaan itu ialah SDN 07 Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Kepala Sekolah SDN Pinang 7, Masriyanih, mengatakan ini bukan kali pertama mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata, baik tingkat Kota, Provinsi dan Nasional.

“Alhamdulillah kami bersyukur, kembali mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata, kali ini Kategori Mandiri tingkat Nasional. Sebelumnya kami pernah mendapatkan Sekolah Adiwiyata Kategori Nasional tahun 2021 oleh KLHK, dan juga ditahun yang sama yaitu Sekolah Adiwiyata Unggulan oleh Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI). Dimana saat itu kami diberikan satu set Panel Surya yang dapat digunakan di sekolah,” ungkap Masriyanih, Kamis (19/10/2023).

Masriyanih mengatakan penerapan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) sudah sejak lama dilakukan. Berkat komitmen bersama dengan seluruh penduduk SDN 07 Pinang  dalam perilaku ramah lingkungan di sekolah.

“Jadi, masing-masing siswa sudah terbiasa dengan membawa bekal tempat makan dan botol minum sendiri dari rumah, menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya, adanya wastafel di setiap kelas dan area sekolah untuk selalu mencuci tangan, melalukan proses daur ulang sampah menjadi produk bermanfaat, serta adanya pemanfaatan air hujan melalui proses penyaringan, untuk dapat dimanfaatkan sekolah,” katanya.

Sementara itu, pihak sekolah juga turut melibatkan para siswa sebagai Kader Adiwiyata dalam melaksanakan penerapan GPBLHS. Dimana terdapat 168 Kader Adiwiyata perwakilan dari masing-masing siswa kelas 4, 5, dan 6, yang dipilih untuk turut serta memberikan edukasi kepada teman-temannya, pentingnya menjaga lingkungan sekolah yang bersih dan ramah lingkungan.

“Saya sangat senang bisa menjadi salah satu Kader Adiwiyata di sekolah, karena saya bisa membantu sekolah dengan turut serta mengajarkan teman-teman dan adik-adik kelas saya bagaimana menjaga lingkungan sekolah yang ramah dan juga bersih. Untuk itu, Ayo kita sama-sama jaga dan rawat sekolah agar dapat nyaman belajar di sekolah,” tutur Arkan Mahira Dzikra Dinata, Kader Adiwiyata SDN Pinang 7, Kota Tangerang. (***)

Comments are closed.