Saudi Arabia Kirim Astronot Wanita Pertama ke Luar Angkasa

5

Riyadh,Satubanten – Dua astronot asal Saudi Arabia, termasuk wanita Saudi pertama, akan meluncur dari Florida pada 8 Mei untuk ‘Private Mission’ ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), menurut pejabat Axiom Space dan NASA pada Kamis, seperti dikutip dari AFP.

Rayyanah Barnawi, seorang peneliti kanker payudara, akan menjadi wanita Saudi pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dan akan bergabung dalam misi ini dengan sesama Saudi, Ali Al-Qarni, seorang pilot jet tempur.
Juga dalam misi ini akan ikut Peggy Whitson, mantan astronot NASA yang akan melakukan penerbangan ke-4 ke ISS, dan John Shoffner, seorang pengusaha dari Tennessee yang akan menjadi pilot.

Peluncuran Misi Axiom 2 (Ax-2) menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dijadwalkan pada pukul 10:43 malam Eastern Time pada 8 Mei atau Minggu, 9 April pukul 9:43 WIB dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Axiom Space dan pejabat NASA mengatakan dalam sebuah briefing untuk memperkenalkan penerbangan tersebut.

Empat kru akan melakukan perjalanan ke ISS menggunakan kapsul Dragon SpaceX dan menghabiskan 10 hari di stasiun luar angkasa.

Misi ke ISS ini akan menjadi misi kedua oleh Axiom Space, sebuah perusahaan luar angkasa swasta.

Axiom Space melaksanakan misi astronot swasta pertamanya ke ISS pada April 2022. Empat astronot menghabiskan 17 hari di orbit sebagai bagian dari Ax-1. (SBS/Mhs)

Comments are closed.