Saat Barong Tampil Dalam Montreal Cosmopolitan Fashion Week

210

Montreal, SatuBanten – Helatan ajang fashion tingkat internasional yakni Cosmopolitan Fashion Week kembali digelar pada 4 November 2023 di Montreal Canada.

Dalam perhelatan tersebut, ada yang mencuri perhatian, ialah sosok desainer Indonesia yang turut meramaikan ajang tersebut yakni desainer berbakat Juan Iskandar, atau lebih akrab disapa ISS.

Pria kelahiran Jakarta yang saat ini menetap di Montreal Kanada tampil ajang bergengsi di Cosmopolitan Fashion Week membawa semangat haute couture (handmade) ke dunia mode.

“Setiap pakaian kami memadukan semangat narasi Dewa Barong, dengan entitas mitos seperti macan kumbang dari cerita rakyat Bali. Namun ini lebih dari sekedar pakaian, ini adalah kisah-kisah mendalam yang melampaui batas-batas kain,” ungkap Juan dalam keterangan tertulis kepada SatuBanten.

Tak hanya itu, yang membanggakan adalah sosok Juan Iskandar ternyata jadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil meraih spot dalam acara ini.

Selain Juan, beberapa desainer berbagai negara juga turut meramaikan seperti dari Maroko Afrika Utara, Spanyol Eropa, hingga Panama Amerika Selatan.

Dalam karyanya, Juan Iskandar menampilkan aliran dari Asia Timur (Indonesia), di mana pesona warisan Indonesia yang memukau berpadu sempurna dengan tatanan keberlanjutan kontemporer.

Setiap gagasan yang dituangkan Juan pada desainnya memadukan semangat narasi Dewa Barong, menanamkannya dengan entitas mitos seperti macan kumbang dari cerita rakyat Bali.

Desainnya bisa dibilang mampu mencerminkan spektrum dinamis yang ditemukan di kuil-kuil Bali dan matahari terbenam yang megah di Indonesia.

Juan tidak hanya menciptakan pakaian Barong yang klasik, ia juga memotong dan mendesain ulang pakaian ini, membawa konsep Barong ke Cosmopolitan Fashion Week pada tanggal 4 November 2023.

Juan Iskandar telah membuktikan bahwa ketika kreativitas dan keberanian bergandengan tangan, prestasi luar biasa bisa terwujud di panggung mode global. (***)

Comments are closed.