Ratusan Mahasiswa Baru POLGRI Ikuti PKKMB 2023

32

Satubanten.com- Politeknik PGRI Banten mengadakan Kegiataan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023, senin (11/9/2023)

Jumlah mahasiswa baru tahun ini sebanyak 225 orang. Acara dibuka oleh Direktur Kampus Politeknik PGRI Banten, Arief Rahman, SE,.MM. Dalam sambutannya, Arief mengatakan, tujuan umum PKKMB tahun 2023 untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa baru harus bisa beradaptasi, bersinergi dan bersaing pada era saat ini yang serba AI (artificial intelligence). Harus produktif dalam segala bidang, serta dapat maghasilkan inovasi-inovasi yang nantinya akan dibimbing oleh para dosen POLGRI. Sekaligus mampu berkontribusi bagi masyrakat, agama, bangsa dan negara. Arief juga mengatakan hasil yang diharapkan pada acara PKKMB ini adalah :

  1. Mahasiswa memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan;
  2. Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru;
  3. Mahasiswa memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya, pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan
  5. Terciptanya mahasiswa yang selalu mengedepankan sikap sebagai intelektual
  6. Mahasiswa memahami kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi
  7. Terciptanya generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab
  8. Terciptanya Susana pembelajar yang lincah dan tangguh.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Yayasan atau BPH (Badan Pelasana Harian) PGRI Banten, Aspizain Caniago,SH,.S.Pd,. M.si. Aspi mengatakan, dalam kegiatan PKKMB ini mahasiswa baru harus dikenalkan dengan Civitas Akademika, Para wadir, kabag, Kaprodi, Pembimbing Akademik dan para dosen pengajar, kurikulum serta rencana pembelajaran hingga lulus nanti. Para maba juga harus memiliki peta hidup masa depan mau jadi apa kedepannya. Maka pada acara PKKMB ini harus sudah mulai di petakan.

Solihin,S.Kom,.M.Kom  (Wakil Direktur) Menambahkan Di acara PKKMB ini diikuti oleh 5 program studi yaitu : Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Elektronika, prodi Manajemen Informatika, Prodi Bisnis Digita dan prodi manajemen sumber daya manusia sektor publik. Pembobotan materi-materi PKKMB ini sesuai dengan amanat pemerintah (Kemdikbud dan LLDIKTI wilayah 4 Jabar dan Banten)  beberapa materinya adalah sebagai berikut :

  1. Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara (pemateri Bpk Jajang Supriatna. S.Kom)
  2. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 (pemateri Bapak H. Helldy Agustian, SE,.SH.,MH)
  3. Pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan anti kekerasan (anti perundungan. (Pemateri Bapak Hendry Gunawan, M.Kom)
  4. Motivasi sukses usia muda (pemateri ibu Heny Fitriani SE., MM., MH., CTA., CTL., CPHCM., CPHRM)
  5. Manajemen Waktu (pemateri Bpk Isral, SE., MH)

Arif Fitrian Rudyansyah (ketua pelaksana PKKMB) mengatakan, semoga para maba peserta PKKMB bisa mngikuti acara ini dengan baik dan setelah acara ini para maba dapat pencerahan tentang dunia perguruan tinggi/perkuliahan yang akan di tempuh selama 3-4 tahun sampai di wisuda,. Disampaikan juga oleh ketua BEM Politeknik PGRI Banten (Seviudin Suhermansyah) mengucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika dan seluruh panitia yang sudah membantu mensukseskan acara ppkmb ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancer. (Sbs)

Comments are closed.