Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal Gratis Polres Tangsel, Benyamin: Niatkan untuk Menyempurnakan Ibadah

7

PONDOK AREN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78, Polres Tangerang Selatan menyelenggarakan acara sunatan massal gratis di Masjid Raya Kebayoran Residence, Minggu (7/7/2024).

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang membuka langsung acara tersebut mengingatkan pentingnya niat tulus semua orangtua yang membawa anaknya dalam pelaksanaan khitanan massal ini yakni menyempurnakan ibadah.

“Yuk kita perbaiki niat kita ini, pertama mengkhitankan putra dan putri ini dengan niatnya untuk menyempurnakan wudhu dan sholat mereka. Dengan khitan ini nanti akan menyempurnakan wudhu dan sholat mereka, karena tidak akan ada lagi air seni atau air kencing yang tertinggal,” ujar Benyamin dengan penuh semangat.

Menurut Benyamin, melakukan khitan untuk anak-anak ini selain menyehatkan juga sebagai pengingat bahwa kita telah menjalankan tuntutan yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Untuk itu, kata Benyamin, tidak ada batasan umur untuk berkhitan. Ia sendiri juga memperlakukan hal yang sama dengan anak-anak dan cucu-cucunya yang telah dikhitan di usia yang berbeda-beda.

“Saya pribadi pun, mengkhitankan cucu saya yang kelas 4 SD, dan satunya kelas 1, yang juga diikuti oleh cucu saya yang umur 3 tahun. Jadi mau umur 3 tahun, mau 2 tahun atau baru lahir juga boleh,” jelasnya.

Hanya saja, semua prosedur khitan atau sunat tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dan membutuhkan tenaga kesehatan sesuai bidangnya agar tidak memicu infeksi atau hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

Namun, Benyamin mengingatkan pentingnya kesederhanaan dalam merayakan khitanan agar tidak memberatkan keluarga dan tidak berlebihan.

“Banyak di sekitar kita yang memaksakan diri, saya kira itu perbuatan yang mubadzir nantinya. Yang paling penting kita berbahagia saja putra dan putri kita karena semakin sempurna ibadahnya kepada Allah SWT,” tambahnya.

Acara khitanan massal ini diikuti oleh sekitar ratusan anak yang datang dari berbagai wilayah di Tangerang Selatan. Benyamin memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh masyarakat yang turut serta dalam kegiatan sunatan massal ini, Polres Metro Tangerang Selatan yang menjadi penyelenggara, RS Premiere Bintaro yang telah menyiapkan tim medisnya serta kepada Masjid Raya Kebayoran Residence yang telah menyediakan fasilitas untuk acara ini.

“Mudah-mudahan anak-anak yang dikhitan hari ini segera diberikan kesembuhan dan InsyaAllah nanti juga akan diberikan obatnya kepada anak-anak. InsyaAllah nanti bisa langsung jalan, dan anak-anak bisa beraktivitas seperti biasa lagi,” tutup Benyamin.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Tangerang Selatan, terutama bagi mereka yang membutuhkan layanan khitanan namun terkendala biaya. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, acara khitanan massal ini berjalan lancar dan sukses, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. (**)

Comments are closed.