Puskesmas Gebang Raya Lakukan Sweeping BIAN

269

Tangerang, Satubanten.com- Terus mengejar capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kota Tangerang. Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui 37 Puskesmas di Kota Tangerang terus bergerak dengan berbagai programnya. Salah satunya, Puskesmas Gebang Raya, Kecamatan Periuk yang kini juga menggencarkan aksi sweeping BIAN hingga ke gang-gang pemukiman warga.

Kepala Puskesmas Gebang Raya, dr Setyawan mengungkapkan selain membuka gerai imunisasi di Puskesmas setiap harinya dan membuka posko imunisasi disetiap posyandu. Aksi sweeping BIAN menjadi salah satu pilihan yang tepat, untuk lebih cepat menjangkau sasaran.

“Akhir pekan kemarin kita menggelar di RW 04 dan hari ini kita gelar di RW 02. Ini akan terus kita sisir keseluruh pemukiman dibawah naungan Puskesmas Gebang Raya. Aksi sweeping tak hanya ke rumah-rumah warga, tapi anak-anak atau ibu bapak yang kita temui di jalan, juga kita lakukan pendekatan diiringi dengan edukasi pentingnya imunisasi dasar dan lengkap untuk anak,” ungkap dr Setyawan, Selasa (30/2/22).

Kata dr Setyawan, kadang saat pelaksanaan imunisasi di Posyandu, ada orangtua yang beralasan anaknya sedang tidur, orangtua yang sibuk bekerja dan banyak alasan lainnya. Namun, dengan dilakukan sweeping hingga pemukiman padat penduduk, bisa membantu kesibukan orangtua untuk anak-anak tetap mendapat haknya, yaitu imunisasi dasar dan lengkap.

“Kita semua harus sama-sama memahami, bahwa imunisasi adalah hak semua anak. Setiap generasi bangsa berhak untuk sehat, tumbuh dan berkembang optimal, serta mencapai apa yang dicita-citakan. Jadi ayo, semua orangtua di Kota Tangerang khususnya di wilayah Puskesmas Gebang Raya untuk segera mengantar anak-anaknya mengikuti imunisasi, diberbagai gerai yang telah disediakan,” ajaknya.

Sementara itu, dr Setyawan menyatakan Puskesmas Gebang Raya memiliki target 3.643 anak dan hingga saat ini sudah 59,6 persen yang terimunisasi. Rata-rata setiap harinya, Puskesmas Gebang Raya mengejar 100 anak untuk dapat terimunisasi. “Dengan itu, kami juga telah bekerjasama dengan dokter pada praktek swasta, klinik swasta hingga bidan praktek mandiri untuk ikut menyediakan layanan BIAN hingga 19 September mendatang,” katanya.

Comments are closed.