Presiden Jokowi Tekankan Beberapa Hal Pada Musrenbangnas 2022

49

Lebak,Satubanten.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022 yang digelar secara daring.

Dalam arahannya Presiden RI menekankan beberapa hal dalam menghadapi ekonomi global diantaranya, seluruh peserta Musrenbangnas diminta bekerja fokus untuk peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mana belanja barang modal dan jasa harus diarahkan kepada pembelian produk-produk dalam negeri.

“Kurangi sebanyak-banyaknya pembelian produk impor, dan disaat yang bersamaan siapkan kapasitas produksi nasional kita, buat kebijakan yang berpihak bagi industri subtitusi impor yang memproduksi kebutuhan dalam negeri” Tegas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan pentingnya transformasi digital untuk mencapai transformasi ekonomi.

“Transformasi digital ini perlu diimbangi oleh industrialisasi digital sehingga Indonesia tidak akan menjadi konsumen besar untuk produk digital impor, tetapi juga harus menjadi produsen besar digital yang memasok kebutuhan domestik dan Luar Negeri” Ungkap Suharso.

Beliau melanjutkan karena itu Kementerian PPN atau Bappenas telah menyusun Peta Jalan Industri Digital Indonesia sebagai bagian dari Transformasi Ekonomi Indonesia.(**)

Comments are closed.