Presiden Vietnam Vo Van Thuong Resmi Mundur Dari Jabatannya

9

Satubanten.com- Presiden Vietnam Vo Van Thuong resmi mundur dari jabatannya setelah partai komunis dan parlemen negara tersebut menyetujui permohonan pengunduran dirinya.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (21/3/2024), Thuong merupakan presiden kedua yang mengundurkan diri dalam setahun ke belakang.

Sebelumnya, Nguyen Xuan Phuc mundur pada Januari 2023. Thuong untuk sementara digantikan Wakil Presiden Vo Thi Anh Xuan.

Mundurnya Thuong terjadi di tengah kampanye anti-korupsi besar-besaran di negara tersebut. Thuong dikabarkan tersandung kasus korupsi saat dia menjadi pejabat tingkat provinsi.

Pada 2016, Pemimpin Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Throng memulai kampanye anti-korupsi yang dinamakan Operasi Blazing Furnace. Sejumlah pejabat dan pengusaha telah dibawa ke meja hukum sejak saat itu.

Pengganti Thuong diperkirakan tidak akan ditentukan dalam waktu dekat. Presiden Vietnam bersifat seremonial dan tunduk pada pimpinan partai komunis.

Meski demikian, sejumlah pengamat khawatir ketidakpastian politik dapat mengganggu perkembangan ekonomi Vietnam. Sebagai negara yang bergantung kepada ekspor-impor, Vietnam membutuhkan stabilitas politik untuk menarik banyak investor. (**)

Comments are closed.