Polsek Cikeusik Polres Pandeglang Gelar Patroli Pulau Terluar Bersama Unsur Kemaritiman

10

Pandeglang – Polsek Cikeusik Polres Pandeglang menggelar patroli di pulau terluar bersama unsur kemaritiman pada Minggu, 9 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia serta meningkatkan sinergi antara kepolisian dan instansi terkait dalam menjaga keamanan laut.

Dalam kegiatan patroli tersebut, tim dari Polsek Cikeusik dan unsur kemaritiman mengunjungi Pulau Tinjil. Sebagai bagian dari kegiatan, mereka memasang patok tugu dan mengibarkan bendera merah putih di pulau tersebut. Pemasangan patok tugu dan pengibaran bendera merah putih ini merupakan simbol kedaulatan negara serta bentuk komitmen untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Kapolsek Cikeusik, AKP Cecep Sudrajat, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam rangka menjaga dan mengawasi wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan laut lepas. “Patroli ini dilakukan untuk memastikan tidak ada aktivitas ilegal seperti pencurian ikan, penyelundupan, atau kegiatan lainnya yang melanggar hukum di perairan kita. Pemasangan patok tugu dan pengibaran bendera adalah simbol kedaulatan kita di Pulau Tinjil,” ujar AKP Cecep Sudrajat.

Kegiatan patroli ini juga diikuti oleh berbagai unsur kemaritiman, termasuk Satpol Airud dan instansi terkait lainnya. Mereka bersama-sama melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap kondisi pulau dan sekitarnya, serta memastikan bahwa wilayah tersebut tetap aman dan bebas dari gangguan.

Pengibaran bendera merah putih di Pulau Tinjil menjadi momen yang penuh semangat dan nasionalisme, menandakan kehadiran dan pengawasan negara di pulau-pulau terluar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kedaulatan wilayah serta menjalin kerjasama yang baik antara instansi dalam menjaga keamanan laut.(**)

Comments are closed.