Pokdarwis dan Pedagang Balong Ranca Lentah Apresiasi DLH Lebak Kembali Fungsikan Lampu Air Mancur

9

Lebak, Satubanten.com- Lampu air mancur yang terpasang di Balong Ranca lentah kelurahan Rangkasbitung barat Kabupaten Lebak, Banten, yang selama ini hampir tidak berfungsi karena adanya beberapa komponen yang mengalami kerusakan, kini sudah dipastikan normal dan kembali dapat difungsikan dengan baik.

Demikian hal itu diungkapkan Dasep Novian, Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak.

“Kemarin memang ada beberapa kerusakan di unit air mancur tersebut, namun kita berupaya agar hal itu segera dapat teratasi,” ujar Dasep melalui pesan WhatsApp, Minggu (11/06/2023).

Dasep menambahkan, dari 9 lampu RGB didapati 2 lampu yang mengalami kerusakan termasuk juga 2 nosel nya.

“Untuk lampu dan nosel barangnya agak susah, kita sempat mencarinya kemana mana, apalagi untuk nosel dengan ukuran 1Inc, tapi Alhamdulillah akhirnya kita dapatkan juga dan sekarang sudah sudah selesai diperbaiki dan sudah terpasang dengan baik sehingga lampu air mancur sudah dapat dipastikan bisa kembali berfungsi,” imbuh Dasep.

Terpisah, ketika ditemui disela sela uji coba fungsi lampu air mancur di Balong Ranca lentah pada Minggu malam, Taufik Imanudin, S. Sos

Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan mengatakan, bahwa lampu air mancur sudah dapat berfungsi dengan baik.

“Alhamdulillah perbaikannya sudah kita lakukan dan lampu air mancur ini sudah dapat dipastikan berfungsi dengan baik,” ujarnya. Minggu (11/06/2023).

Taufik juga mengatakan bahwa, untuk malam hari, nantinya lampu air mancur ini akan dinyalakan pada malam malam tertentu saja, seperti pada malam Sabtu dan malam Minggu yaitu pada pukul 07.00 – 09.00 malam, mengingat dengan keterbatasan biaya.

Namun kata Taufik, untuk maintenance atau langkah pemeliharaan, air mancur ini seperti biasa akan dinyalakan rutin setiap hari di waktu pagi.

“Untuk langkah pemeliharaan, setiap hari di waktu pagi air mancur akan selalu dinyalakan agar tetap terpelihara dan memastikan semua komponennya tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara, Iman selaku sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Balong Ranca lentah yang juga berdagang di area Balong menyampaikan, bahwa dengan akan kembali difungsikannnya lampu air mancur pada malam hari (malam Sabtu dan minggu) tentunya akan membawa dampak tersendiri bagi para pedagang.

“Yang jelas, walaupun dinyalakan  hanya pada malam malam tertentu saja, keindahan dari lampu air mancur yang berwarna warni itu pastinya akan menambah keindahan pesona Balong Ranca lentah di malam hari dan akan lebih menarik bagi para pengunjung untuk datang dan menyaksikannya, sehingga tentunya akan berdampak juga terhadap para pedagang,” ungkap Iman.

Terakhir kata Iman, pihaknya (Pokdarwis) juga para pedagang di balong Ranca lentah mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Lebak.  (**).

Comments are closed.