Plt. Kaper, Awidya Mahadewi Lanjutkan Estafet Kepemimpinan Ombudsman Banten

211
Satubanten.com- Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D. resmi menunjuk Awidya Mahadewi, S.S., M.A.P., sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten (Ombudsman Banten).
Merujuk Surat Perintah Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Awidya dipercaya menjadi Plt. Kepala Ombudsman Banten menggantikan Dedy Irsan yang dilantik sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya per 1 Juli 2022.
Awidya merupakan Kepala Keasistenan Utama Manajemen Mutu, yaitu Pejabat Ombudsman Republik Indonesia di Jakarta.
Wanita kelahiran Solo, 2 Februari 1978 ini telah mengabdi selama 22 tahun yaitu sejak didirikannya Ombudsman Republik Indonesia pada tahun 2000.
Selama waktu tersebut, berbagai jabatan telah dilalui oleh Awidya mulai dari Sekretaris Ketua Ombudsman RI, Asisten Bidang Penyelesaian Laporan, Asisten Bidang Pencegahan, Kepala Keasistenan Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik, Penelitian dan Pengembangan, Kepala Keasistenan Kajian Sistemik, Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan/Pengaduan Masyarakat, hingga akhirnya saat ini menjabat sebagai Kepala Keasistenan Utama Manajemen Mutu yang memiliki tugas dan fungsi pengawasan terkait pelaksanaan bisnis proses di Ombudsman Republik Indonesia.
Awidya merupakan alumni pendidikan Magister Manajemen Sumber Daya Aparatur di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Lembaga Administrasi Negara (LAN RI). Pada tahun 2021, Awidya menyelesaikan Program Pendidikan Reguler Angkatan XLII Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) RI.
Selain itu, berbagai pengalaman pendidikan dan pelatihan baik tingkat nasional maupun intenasional telah dilalui oleh Awidya. Seperti Scoping Mission Promoting Decentralised  Ombudsman Service in Indonesia di Perth, Sydney dan Canberra, Australia pada tahun 2005, lalu Placement at NSW Ombudsman Office on Ombudsman Functions, Concepts, Complaint Handling and Human Resource System di Sydney, Australia pada tahun 2008, kemudian AOA Retreat To Identify Best Practice Principle of Ombudsman di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2009, kemudian mengikuti Internship di Ombudsman Nasional Belanda, Den Haaq pada tahun 2014, dan menjadi peserta Short Term Training  “Governance and Anti-Corruption” di International Law Institute (ILI), Georgetown University, Washington DC pada tahun 2015.
Lalu dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Awidya juga aktif mengikuti pendidikan dan pelatihan seperti Tailor Made Training for The Ombudsman Republic of Indonesia on “Control Mechanisms and Personal  Effectivity in Complaint Handling” di Den Haag dan Haarlem, Belanda pada tahun 2017, pelatihan Leadership Development Skills di Jakarta pada tahun 2019, serta menjadi peserta Pendidikan Penjenjangan Tingkat I Asisten Ombudsman RI pada tahun 2019.
Berkenaan dengan penunjukannya sebagai Plt. Kepala Ombudsman Banten, Awidya telah menetapkan target dan harapan..

“Saya akan fokus melanjutkan program kerja yang telah direncanakan dan sedang dilaksanakan oleh Kepala Perwakilan sebelumnya, serta melakukan pelayanan penanganan laporan masyarakat dan tugas-tugas yang diamanatkan pimpinan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten tetap berjalan sebagaimana mestinya hingga akhir masa penugasan saya.” Ujar Awidya. (Sbs/Rizal Nurjaman)

Comments are closed.