Pj Gubernur Banten : Semangat Kepahlawanan Selalu Relevan Dalam Tata Kehidupan

12

Serang, Satubanten – Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, semangat kepahlawanan selalu relevan dalam tata kehidupan. Khususnya dalam rangka mengisi kemerdekaan, perjuangan membangun Republik Indonesia.

Hal itu diungkap Al Muktabar usai memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang, Jumat (10/11/2023).

“Hari ini kita memperingati Hari Pahlawan, tepatnya 10 November 2023. Upacara kita laksanakan dengan sangat khidmat,” ungkapnya.

“Kita mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kiranya mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” tambah Al Muktabar.

Dikatakan, yang penting juga, bahwa generasi yang ditinggalkan harus terus melanjutkan perjuangan dengan semangat kepahlawanan itu.

“Perjuangan berikutnya adalah mengisi kemerdekaan. Para pahlawan telah mendedikasikan dirinya dalam rangka menyongsong Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Al Muktabar.

“Kita akan terus melanjutkan semangat kepahlawanan itu. Semangat kepahlawan selalu relevan dengan apa yang akan kita laksanakan ke depan. Khususnya dalam rangka mengisi kemerdekaan, perjuangan membangun Republik Indonesia,” tambahnya.

Al Muktabar juga mengimbau para generasi muda, generasi millenial, untuk mewarisi semangat kepahlawanan sebagai penerus perjuangan bangsa.

“Kita doakan para generasi muda diberikan kemampuan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan,” ungkapnya.

“Di pundak generasi mudalah kelanjutan bangsa ini akan diteruskan dan dititipkan,” tambah Al Muktabar.

Menurutnya, semangat kepahlawanan penting diteladani. Dirinya meyakini semangat kepahlawan selalu relevan dalam tata kehidupan ke depan dengan jaman dan eranya pemuda saat ini.

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga menyapa dan menyemangati anak-anak TK dan PAUD yang turut datang ke Taman Makam Pahlawan.

“Terima kasih kepada Ibu/Bapak guru. Sedari kecil anak-anak dikenalkan dengan kepahlawanan. Generasi kita sedari kecil telah meneladani semangat kepahlawanan,” ungkapnya.

“Menjadi modal dasar kita dalam mewariskan estafet kepemimpinan. Mengisi pembangunan itu harus terus dan kontinyu kita lanjutkan,” pungkas Al Muktabar.

Sebagai informasi Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan 2023 di Taman Makam Pahlawan Ciceri, Kota Serang juga diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Inf. A. H. Mulyana, Perwira KOREM 64/Maulana Yusuf.

Usai melaksanakan Upacara Ziarah Nasional, Al Muktabar bersama Forkopimda Provinsi Banten melakukan tabur bunga ke makam para pahlawan.

Comments are closed.