Peringatan Hari Bakti ke-75 TNI AU, Kasau Pimpin Napak Tilas di Baseops Lanud Adisutjipto

47

Satubanten.com- Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA memimpin Napak Tilas di Baseops Disops Lanud Adisutjipto sebagai rangkaian peringatan Hari Bakti ke-75 TNI AU, Yogyakarta, Jumat (29/7/2022).

Dalam sambutannya, Kasau merefleksikan peristiwa 75 tahun lalu, di waktu dan tempat yang sama, dimana para pendahulu TNI AU melakukan pemboman pertama ke tiga kedudukan musuh di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU. Napak Tilas adalah tradisi untuk mengenang peristiwa tersebut.

Selanjutnya Kasau menyampaikan bahwa pada saat itu, para pendahulu TNI AU menegaskan jati dirinya sebagai pengawal dirgantara meski di tengah segala keterbatasan namun tetap teguh menjaga angkasa tanah air melaksanakan panggilan perjuangannya.

Di saat ini, para insan TNI AU menegaskan dirinya sebagai pengawal dirgantara untuk tetap menghidupkan semangat kepahlawanan dan pengabdian dengan menapaki semangat soliditas perjuangan serta tekad pengabdian yang tulus demi kejayaan negara. Generasi saat ini bertanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai dan semangat pengabdian para pendahulu kepada penerus TNI AU.

Sebagai penutup, Kasau berharap bahwa Napak Tilas itu dapat tidak lekang oleh waktu dan menjadi tonggak sejarah yang menjulang setinggi angkasa pengabdian sebagai insan TNI AU demi kejayaan bangsa Indonesia. Kasau mengapresiasi pemeran napak tilas yang merupakan kolaborasi dari siswa Sekbang dan Komunitas 45 dalam kegiatan teatrikal tersebut. Dalam napak tilas ini pesawat Cureng dan Guntei diperankan oleh pesawat Grob G 120 TP-A Skadik 101 Lanud Adisutjipto yang diterbangkan oleh para Instruktur Penerbang Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto. (**)

Comments are closed.