Pergerakan Penumpang Bandara Soekarno Hatta Tembus 150 Ribu

140

Cengkareng, SatuBanten – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta hari ini tertinggi sejak masa pandemi Covid-19. Pergerakan penumpang pesawat terbang akan datang dan pergi sebanyak 150 ribu orang per hari.

“Belum pernah terjadi,” katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Ahad (8/5/2022).

Oleh karenanya, Budi jelaskan, ia dapat memetakan permasalahan di sini adalah saat hari terakhir biasanya jumlah penumpang yang kembali ke Jakarta itu tinggi sekali. Catatan dari 1.130 pergerakan satu hari berarti kurang lebih 570 pergerakan 40 persen itu ada di terminal 2.

“Berarti kurang lebih 200 lebih dan paling tidak ada 3.500 orang per jam mendarat di terminal 2 ini. Oleh karenanya saya sudah menugaskan kepada Pak Dirjen juga Dirut AP 2 untuk merapatkan dengan stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan mereka yang akan mendarat di Soekarno-Hatta,” jelas Budi.

Menurutnya, situasi persiapan sudah dilakukan rapat koordinasi menambah tenaga menambah jumlah CGS yang digunakan. Para penumpang pesawat yang datang harus dalam kondisi nyaman.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, yang menggunakan transportasi udara di Jakarta kurang lebih 10 persen. Diperkirakan ada 1,4 juta penduduk Jabodetabek yang keluar dari Jakarta.

“Sejauh ini pergerakan udara terselenggara dengan baik sehingga kami percaya Pak Dirjen bisa mengelola dengan baik. Tetapi memang khusus hari ini kritikal karena jumlah yang datang banyak sekali,” ujarnya. (**)

Comments are closed.