Penjabat Bupat Lebak Hadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak Ke-52 dan HUT Dekranas Ke-44

11

Solo,- Meriahkan puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 dan HUT Dekranas ke-44 di Kota Solo, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan, Pj. Ketua TP PKK Kab. Lebak Septiana beserta Ketua Dekranasda Kab. Lebak Mochamad Farid Dermawan hadiri Parade dan Pawai Mobil Hias yang diikuti oleh perwakilan setiap Provinsi/Kab/Kota se-Indonesia.

Parade dan Pawai Mobil Hias tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 dan HUT Dekranas ke-44 di Kota Solo berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Kota Solo, Rabu (15/5/24).

Parade resmi dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan mengangkat bendera berlogo Dekranas, didampingi Ketua Umum Dekranas, Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf, Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian, dan Pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang juga ikut berpartisipasi menaiki mobil hias dalam rangka memeriahkan pawai dan parade tersebut.

“Di hari yang istimewa ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun Dekranas yang ke-44 tahun 2024. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang ini secara resmi saya mulai lomba parade mobil hias kriya dan budaya Dekranas tahun 2024,” ujar Iriana Jokowi sembari mengangkat bendera berlogo Dekranas.

Setiap peserta parade menampilkan berbagai kesenian daerah, mulai dari tarian tradisional, musik, hingga pakaian adat khas masing-masing daerah.

Ribuan kader PKK dan Dekranasda dari seluruh penjuru Indonesia turut serta menampilkan keanekaragaman budaya Nusantara melalui parade yang penuh warna dan semangat kirab kriya dan budaya.

Ribuan masyarakat pun antusias untuk mengikuti dan menyaksikan parade dan pawai mobil hias tersebut yang diikuti sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 daerah, dengan total defile sepanjang 2,3 kilometer, menampilkan sekitar 2.000 peserta yang mengenakan busana adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sebagai Informasi, parade mobil hias, kriya, dan budaya HUT Dekranas ke-44 tersebut juga mendapatkan rekor MURI dari Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai parade terpanjang dan terbanyak di Indonesia. (***)

Comments are closed.