Penipuan Bank 700 Trilyun Rupiah, Pengusaha Properti Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati

24

Ho Chi Minh, Satubanten – Wanita miliarder Vietnam, Truong My Lan, menjalani sidang paling menghebohkan yang pernah diadakan di Vietnam dalam salah satu kasus penipuan bank terbesar dalam sejarah dunia.

Di balik serambi kuning gedung pengadilan era kolonial yang megah di Ho Chi Minh City, Vietnam, pengembang properti berusia 67 tahun itu dijatuhi hukuman mati pada hari Kamis (11/04) karena ‘menjarah’ salah satu bank terbesar di negara tersebut selama 11 tahun.

Ini adalah putusan yang jarang terjadi – dia adalah satu dari sedikit perempuan di Vietnam yang dijatuhi hukuman mati karena kejahatan kerah putih.

Truong My Lan dituduh menipu Saigon Commercial Bank sebesar US$44 miliar (sekitar Rp702,6 triliun).

Pihak aparat negara komunis itu, yang biasanya bersikap tertutup dalam menangani kasus, kali ini justru menjabarkan secara rinci perihal kasus tersebut kepada media.

Mereka mengatakan telah memanggil 2.700 orang sebagai saksi. Terdapat 10 jaksa penuntut negara dan sekitar 200 pengacara yang terlibat.

Barang buktinya tersimpan dalam 104 kotak dengan berat total enam ton. Selain Truong My Lan, ada pula 85 orang terdakwa yang juga diadili atas kasus ini. (SBS)

Comments are closed.