Pemkot Tangerang Targetkan 5 Titik Perapihak Kabel Optik

12

Tangerang, Satubanten – Menindak lanjuti himbauan yang diberikan oleh pemerintah Tangerang Selatan kepada pengusaha telekomunikasi, pada Rabu 24 April 2024 lalu melakukan tindakan dengan memotong kabel optik yang semerawut.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan mengatakan penertiban dan perapihan kabel dilakukan bersama Asosiasi Pengusaha Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) di 5 titik.

Pada tahun ini akan ada 5 titik perapihan kabel optik yang dimana pada tahun sebelumnya ada 3 titik yang telah dibersihkan.

“Setelah tahun 2023 ada 3 ruas yang sudah kita lakukan, baik Parakan, Benda Raya, dan di Jalan Ciater ini,” ujarnya.

Lima ruas jalan yang akan dilakukan penataan kabel di 2024 yakni Jalan Raya Serua, Jalan Raya Merpati, Jalan WR Supratman, Jalan Menjangan dan Jalan Kelurahan Ciater.

Dalam penindakan tegas ini Pilar mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil demi membuat wajah kota menjadi lebih baik dengan tidak adanya klabel yang smerawut dijalanan.

“Jadi ada 2 cara, yang pertama ada subduct atau kita masukkan ke dalam tanah. Kabel-kabel optik ini kita akan satukan kepada satu pipa yang bahan HDPE, dan yang kedua menggunakan satu tiang bersama, bentuknya rapih. Tetapi kita lihat kondisi jalannya,” ujarnya.

Pemkot juga mendata banyak proveder yang tidak berizin yang memasang kabel sehingga membuat kondisi kabel tidak layak dan dapat membahayakan masyarakat.

“Ini kan pemasangan tidak pernah koordinasi, sudah cukup lama. Semakin ke sini makin banyak provider-provider baru, ada yang tidak berizin, pasang sembarangan, akhirnya kabel menjuntai. Oleh karena itu, ini membahayakan dan secara estetika kota kan tidak baik,” terangnya.

Lebih lanjut, Pilar menargetkan penanganan kabel semrawut di 5 ruas jalan tersebut dapat selesai secepatnya. Dengan demikian penataan bisa beralih ke jalan-jalan selanjutnya.

“Bisa saja tidak diberikan izin untuk usaha kedepannya,” tegasnya.

Comments are closed.