Pemkot Serang anggarkan Rp191,5 miliar Untuk Hapus Kemiskinan Ekstrim

15

Serang, Satubanten – Untuk menghapus kemiskinan ektrim yang terjadi di Kota Serang, Pihaknya menyiampakan alokasi dana sebesar Rp191,5 miliar.

Anggaran tersebut direncanakan akan menggunakan skema atau alokasi Khusus (DAK) usulan tahap kedua sesuai dengan instruksi Presiden.

Ina Linawati Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang mengatakan, ini akan enjadi program prioritas melihat target yang ingin kita capai yakni nol kemiskinan pada 2024 mendatang dengan anggaran sebesar Rp191,5 miliar.

“Anggaran untuk penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2024 itu sebesar Rp191,5 miliar yang masuk dalam usulan tahap kedua,” katanya

Dari hasil evaluasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten maka didapatkanlah anggaran yang dimana akan digunakan untuk pengentasan kemiskinan ekstrim.

“Jadi, hasil evaluasi di Pemprov Banten, pengentasan kemiskinan itu sebetulnya include (termasuk) dengan dana alokasi khusus senilai Rp191 miliar. Jadi, penuntasan kemiskinan juga menjadi program prioritas kami,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Toyalis mengatakan, dari data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) saat ini tercatat sekitar 8.799 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam kategori miskin ekstrem di Kota Serang.

“Kalau dari data Kemenko PMK, di Kota Serang ada 8.799 KK yang masuk kategori miskin ekstrem. Setelah validasi, ternyata sisanya sebanyak 3.784 KK belum tersentuh (Bantuan),” tuturnya.

Comments are closed.